Pada masa menyusui tubuh seorang ibu memerlukan lebih banyak nutrisi tambahan yang berguna untuk memperlancar pasokan ASI. Secara alami,  Moms yang sedang menyusui akan sering merasa lapar. Karena itu, Moms mungkin akan lebih sering ngemil untuk mengganjal perut dibandingkan makan besar jika merasa lapar di tengah-tengah menyusui si Kecil. 

Baca Juga : Diet Aman Selama Menyusui

Meski demikian, sebaiknya Moms tidak sembarang mengonsumsi makanan ketika lapar menyerang. Pilihlah yang sehat ya Moms. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang bisa menjadi pilihan camilan Moms menyusui: 

Pisang 

Pisang merupakan buah yang mudah ditemui di pasaran. Selain dimakan langsung,  pisang juga nikmat jika diolah menjadi berbagai macam kudapan sehat lainnya seperti smoothies. Pisang mengandung mikronutrien yang berguna untuk meningkatkan kesehatan Moms yang sedang menyusui. Pisang yang tinggi potasium,  vitamin C dan B6 tentunya layak masuk ke dalam daftar camilan moms ketika lapar. 

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya akan lemak baik dan mikronutrien penting seperti  zat besi, seng hingga kalsium. Produk kacang-kacangan dipercaya memiliki efek yang baik untuk memperlancar ASI. Kacang-kacangan yang baik untuk dikonsumsi saat menyusui adalah kedelai, almond dan kacang hijau. 

Alpukat 

Alpukat memiliki rasa yang creamy dan menyehatkan,  sangat cocok dikonsumsi oleh Moms yang sedang menyusui. Mengandung lemak baik hingga asam folat yang sangat dibutuhkan  untuk kesehatan Moms dan si Kecil. Alpukat bisa dimakan langsung atau pun diolah menjadi jus  atau dikombinasikan dengan roti.

Baca Juga : 7 Sebab Jumlah ASI Berkurang

Sayuran hijau 

Siapa yang selama hamil selalu makan sayur daun katuk? Yap, benar sekali Moms. Sayuran hijau sangat bermanfaat untuk Moms yang sedang menyusui karena tinggi nutrisi dan rendah kalori. Sayuran hijau mengandung tinggi asam folat, zat besi dan kalsium.

Kurma 

Buah yang sering kita temui jika memasuki bulan Ramadhan ini ternyata sangat baik jika di konsumsi oleh Moms yang sedang menyusui. Kurma dapat meningkatkan hormon prolaktin atau hormon yang bertugas untuk memberitahu tubuh agar memproduksi ASI. Kurma juga mengandung tinggi serat, kaya kalsium dan memiliki rasa manis yang alami.

Baca Juga : Makanan Penambah ASI