Semua Moms yang menyusui bayinya pasti sepakat bahwa menyusui itu membuat haus. Namun tidak semua Ibu menyusui memperhatikan asupan air putih hariannya. Apalagi jika Moms menyusui memang pada dasarnya malas minum air putih seperti saya. Menambah asupan air putih untuk tetap terhidrasi merupakan pekerjaan rumah yang tidak menyenangkan.

Baca Juga : Peran Suami Agar Produksi ASI Lancar

Padahal, tahukah Moms, dikutip dari laman Askdrsears yang diasuh oleh dr. William Sears, dokter anak penulis buku pengasuhan populer "The Baby Book", ibu menyusui itu butuh 4 gelas asupan air putih tambahan. Hal ini karena 90% komposisi air susu ibu (ASI) itu adalah air, sehingga tubuh Moms jadi membutuhkan lebih banyak cairan untuk tetap terhidrasi dengan baik. Tapi bagaimana kalau Moms malas minum seperti saya? Ada tipnya! Mau tahu? Yuk, kita simak bersama 3 tip mudah menjaga asupan air putih bagi Moms menyusui berikut ini.

Menggunakan botol minum 

Salah satu hal yang sering membuat saya mengabaikan rasa haus saat sedang menyusui adalah karena jauhnya akses menuju air putih tersebut. Sementara anak saya masih menetek dan membuat saya tidak bisa bergerak, ditambah tidak ada orang lain yang bisa dimintai tolong untuk membawakan air minum. Nah untuk menyiasati situasi seperti ini, saya menggunakan sebuah botol minum kecil yang selalu saya letakkan di tempat di mana saya biasa menyusui si kecil. Jadi saya tidak punya alasan lagi untuk tidak menghilangkan dahaga yang saya rasakan. 

Baca Juga : Masitis atau Infeksi Payudara

Berusaha minum segelas air sebelum menyusui 

Mengandalkan air di botol minum kecil tadi saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan ibu menyusui. Untuk menambalnya, usahakan untuk minum segelas air putih tiap sebelum menyusui si Kecil ya, Moms. 

Membuat infused water 

Rasa tawar dari air putih mungkin adalah salah satu alasan lain kenapa air putih bukanlah pilihan favorit saya. Apakah Moms juga sama? Nah, supaya tidak bosan dengan rasa tawar air putih, Moms bisa menambahkan irisan buah atau sayuran seperti timun atau daun mint ke dalamnya dan mendiamkannya selama beberapa jam. Infused water seperti ini juga akan terasa lebih segar jika didinginkan di dalam kulkas lho, Moms! Walau tetap terhidrasi dengan baik penting bagi Moms menyusui, namun tetap tidak boleh minum air putih secara berlebihan ya, Moms. Pasalnya, asupan air putih yang berlebihan juga bisa mengurangi produksi ASI lho, Moms! Jadi, secukupnya saja, ya!

Baca Juga : Peralatan Tempur Ibu Menyusui