Pendengaran merupakan salah satu indera bayi yang berfungsi cukup baik meskipun belum sempurna ketika mereka baru dilahirkan. Walaupun memang butuh waktu hingga 6 bulan sampai si Kecil mampu mendengar dan memahami berbagai jenis suara, bayi sudah bisa merespons suara Moms bahkan ketika mereka masih di dalam kandungan, lho.  Nah, supaya indera yang sangat penting ini berkembang dengan baik,  Moms harus rajin melakukan stimulasi. Bagaimana cara stimulasi pendengaran bayi? Mari kita simak bersama.

Ajak bicara dari kandungan 

Ketika usia kandungan sudah memasuki 16 minggu, janin mulai bisa mendengar suara-suara termasuk suara detak jantung Moms dan suara pencernaan di dalam perut. Nah, ketika sudah berumur 24 minggu, janin mulai bisa mendengar suara dari luar perut. Moms dan Dads bisa mulai mengajaknya bicara setiap hari. Pada trimester ketiga, janin akan mulai mengenali suara Moms, lho.

Baca Juga : Pengaruh Musik untuk Janin dan Ibu Hamil

Lanjutkan mengobrol 

Meskipun si Kecil belum bisa bicara, dia sangat menyukai interaksi dengan Moms. Wajah yang ceria dan suara bernada tinggi (high-pitched) adalah hal yang menyenangkan untuknya. Berbicara dalam tempo yang lambat dan nada tinggi serta ekspresi yang dilebih-lebihkan akan membuatnya tersenyum. Hal yang secara intuitif sering dilakukan orang dewasa ketika mengobrol dengan bayi dan ternyata merupakan salah satu cara stimulasi pendengaran bayi. Dengan mendengar Moms dan orang lain berbicara padanya, bayi juga belajar pentingnya komunikasi jauh sebelum dia mengerti makna kata. Bayi juga akan belajar komunikasi dua arah ketika Moms diam menyimak responnya dan membalasnya kemudian. 

Bacakan buku 

Walaupun belum mengerti jalan cerita, bayi sudah menikmati ketika Moms membacakan buku bergambar dengan berbagai intonasi dan ekspresi. Moms bisa pilih buku-buku bayi dengan warna kontras untuk sekaligus merangsang penglihatannya.

Baca Juga : Rekomendasi Jenis Buku untuk Bayi

Perdengarkan musik 

Bunyi musik dan suara-suara di lingkungannya adalah hal yang menarik bagi bayi. Moms bisa memasangkan gelang kain yang bunyi di tangan dan kaki bayi yang bisa menghiburnya ketika menggerakkan tubuhnya. Mainan musik atau rattle juga bisa jadi pilihan. 

Jika sudah melakukan 4 cara stimulasi pendengaran bayi di atas, si Kecil masih tidak memberikan respons apa-apa pada usia 3 bulan ke atas, sebaiknya segera bawa ke dokter anak ya, Moms, untuk diperiksa fungsi pendengarannya.

Baca Juga : Pilihan Mainan untuk Bayi 6 Bulan