Cara mencuci pakaian bayi baru lahir merupakan salah satu pengetahuan yang perlu dipelajari setiap calon orangtua. Cara mencuci baju bayi memang tidak rumit, tetapi tidak bisa disamakan dengan mencuci pakaian orang dewasa karena bayi, terutama yang baru lahir, memiliki kebutuhan khusus. 

Moms hanya perlu jeli membaca label cara mencuci baju bayi, agar dapat merawat pakaian bayi dengan baik, serta untuk memastikan hasil cucian tidak akan mengiritasi kulit si Kecil. Berikut tip mencuci pakaian bayi : 

  • Pisahkan pakaian bayi dengan baju orang dewasa atau penghuni rumah lainnya,  sampai ia  berusia 6 bulan.
  • Tangani noda makanan dan kotoran bayi sebelum pakaian dicuci. Buang kotoran padat pada kain, lalu bilas bagian tersebut di bawah air mengalir. Jika bercak masih tampak, rendam dalam air yang telah dicampur dengan sedikit deterjen lembut. Selain memakai deterjen, Moms juga bisa memakai cuka anggur putih. 
  • Gunakan deterjen khusus bayi
  • Jika mencuci dengan tangan pastikan membilas berulang sampai busa deterjen hilang
  • Jika menggunakan mesin cuci, pilih metode paling pelan atau halus
  • Hampir semua pakaian bayi tidak perlu disetrika. Jika Moms perlu menyetrikanya, hindari suhu terlalu tinggi yang berisiko merusak kelembutan pakaian bayi.

Baca Juga : Bukan Bayi Rewel, Tapi Berkebutuhan Tinggi

Itulah tip mencuci pakaian bayi, selanjutnya kita akan bahas cara mencucinya, baik dengan menggunakan tangan maupun mesin. Yuk disimak: 

Mencuci pakaian bayi dengan tangan 

Menggunakan tangan lebih disarankan dalam mencuci mencuci pakaian bayi karena pakaian bayi berbahan lembut sehingga lebih awet untuk dipakai. Beberapa hal yang perlu Moms perhatikan saat mencuci baju bayi baru lahir dengan tangan adalah sebagai berikut:

  • Pastikan tangan  bersih sebelum mencuci baju.
  • Rendam pakaian bayi dalam campuran deterjen dan air panas selama 30 menit.
  • Kucek pakaian bayi.
  • Bilas pakaian bayi sampai deterjen benar-benar hilang.
  • Setelah cucian bersih, rendam kembali pakaian bayi dalam air hangat kurang lebih 20 menit. Jemur pakaian bayi di bawah matahari sampai benar-benar kering. 

Sinar matahari adalah disinfektan alami yang mampu membunuh bakteri pada jemuran baju bayi. 

Baca Juga : Simak Kiat Menjemur Bayi yang Benar di Pagi Hari

Mencuci pakaian bayi dengan mesin 

Untuk mencuci baju bayi dengan mesin cuci secara aman, lebih baik cuci pakaian bayi terpisah dari pakaian orang dewasa. Jika pakaian bayi yang hendak dicuci berjumlah sedikit dan ingin digabungkan bersama cucian lain, sebaiknya masukkan baju-baju si Kecil ke dalam kantong mesin cuci (laundry net). Cara Ini akan melindungi baju bayi dari gesekan berlebih dengan cucian lain saat mencuci pakaian bayi dengan mesin cuci. Jika Moms menggunakan mesin cuci otomatis, gunakan menu rinse dua kali. Saat membilas yang kedua kali, lakukan hanya dengan air saja tanpa tambahan deterjen. Hal ini dilakukan untuk memastikan deterjen betul-betul terbilas bersih tanpa sisa. Penting untuk memaparkan jemuran baju bayi di bawah sinar matahari.

Baca Juga : Tips Memilih Popok untuk Newborn