Jika Moms perhatikan, bayi cukup sering mengucek matanya. Kebanyakan Moms hanya menganggap itu sebagai tanda bahwa si Kecil mengantuk.  Padahal, ada penyebab lain bayi kerap mengucek mata. 

Baca Juga: Mata Bayi Lengket? Ini Penyebabnya 

Bayi sama halnya dengan orang dewasa, mengucek mata adalah respons terhadap semua jenis alergen dari lingkungan, serta sebagai isyarat emosional. Moms mungkin tidak khawatir saat bayi mengucek matanya, tetapi tetap perhatikan beberapa faktor penyebab lainnya ya.

Bayi merasa lelah

Melihat ke “dunia baru” di sekelilingnya,  terkadang membuat si Kecil lelah, Moms. Saat ia merasa lelah, matanya juga lelah, mengucek mata adalah cara bayi untuk meredakan ketegangan dan nyeri di sekitar otot mata dan kelopak mata, sekaligus sebagai isyarat bahwa sudah waktunya untuk istirahat dan tidur siang.

Sebelum si Kecil rewel karena merasa lelah dan mengantuk, Moms bisa menidurkannya saat ia sudah mulai mengucek mata. 

Mata bayi sakit atau gatal

Mata bayi lebih sensitif, sehingga saat terpapar alergen, seperti partikel debu, udara kering, alergen di pantai atau taman, atau bulu kucing, dapat membuat mata bayi tidak nyaman hingga ia mengucek matanya. Alergen tersebut berisiko menyebabkan mata bayi iritasi.  Tanda iritasi mata lainnya adalah mata kemerahan, berair, mengucek mata terus-menerus, hingga rewel.

Moms bisa mencoba meredakannya dengan membersihkan mata si Kecil secara perlahan dengan waslap yang dibasahi air hangat. Jika tidak juga membaik, hubungi dokter untuk mendapat penanganan. 

Baca Juga: Ciri-Ciri Mata Bayi Baru Lahir

Mengalami infeksi mata

Konjungtivitis atau kondisi mata merah, adalah iritasi atau peradangan pada konjungtiva, penutup bagian putih bola mata. Biasanya disebabkan oleh alergi atau infeksi bakteri atau virus. Gejala penyakit ini adalah mata gatal dan memerah, kulit di sekitar mata mengeras, dan terkadang keluar cairan. Rasa gatal bisa menjadi gejala awal penyakit ini, yang membuat bayi mengucek matanya. Moms bisa mengonsultasikannya pada dokter agar segera mendapat penanganan.

Mata tegang

Saat mata terlalu tegang, misalnya ketika menajamkan mata berusaha melihat sesuatu, mata bayi cenderung lebih sering lelah dan sakit, membuatnya menguceknya.

Baca Juga: Tip Latihan Mata Agar Tidak Lelah Menatap Layar 

Mengalami tumbuh gigi

Faktor penyebab satu ini cukup jarang terjadi, tetapi tetap perlu diperhatikan, terutama ketika bayi sedang berada di puncak fase tumbuh gigi. Gigi atas, khususnya, dapat menyebabkan rasa sakit dan nyeri di wajah sehingga membuat bayi mengucek mata sebagai upaya untuk meredakan sakitnya.

Alihkan perhatian si Kecil dari rasa nyeri dan keinginan untuk mengucek mata dengan memberikannya mainan khusus teething yang dingin setelah diletakkan di lemari es. Bilas dengan bersih dan ulangi sampai bayi tidak lagi merasa terganggu.

Mengucek mata saat lelah adalah hal yang normal dan kemungkinan besar tidak membahayakan, Moms, kecuali jika mata bayi terkena sesuatu.

Maka penting untuk mengenali gejala dan penyebab bayi mengucek matanya untuk menghindari kemungkinan lainnya. 

Masalah penglihatan biasanya tidak umum terjadi pada bayi baru lahir, tetapi pada usia 6 bulan, beberapa bayi menunjukkan tanda-tanda gangguan penglihatan, seperti kelainan refraksi dan katarak. Maka American Academy of Ophthalmology dan American Academy of Pediatrics merekomendasikan untuk melakukan pemeriksaan mata pada bayi sedini mungkin.