Keluarnya kotoran atau cairan dari mata bisa menyebabkan lengket pada kelopak mata bayi. Jika kotoran ini banyak, bisa menyebabkan mata bayi sulit terbuka.

Baca Juga: Ciri-Ciri Mata Bayi Baru Lahir

Tapi, jangan khawatir, Moms, mata lengket pada bayi adalah hal yang wajar. Salah satu penyebab umum mata berair dan lengket adalah saluran air mata yang tersumbat, yang menurut penelitian mengenai Congenital Nasolacrimal Duct Obstruction (CNLDO), terjadi pada hampir 20% bayi di dunia. Sebagian besar mata lengket pada bayi dapat teratasi saat masih bayi.

Berikut adalah kondisi yang menyebabkan mata lengket pada bayi:

Obstruksi Duktus Nasolakrimal Kongenital (CNLDO)

CNLDO adalah istilah medis untuk saluran air mata yang tersumbat. Saluran air mata yang tersumbat dapat menyebabkan air mata berada lama di mata, sehingga menyebabkan lengket. Kondisi pada bayi ini seringkali bersifat bawaan, dan 95% kasus CNLDO sembuh dengan sendirinya dalam tahun pertama usia bayi.

Dakriosistitis

Kondisi ini merupakan peradangan pada kantung lakrimal (kantung air mata). Biasanya lebih jarang terjadi, atau terjadi sebagai komplikasi saluran air mata yang tersumbat.

Baca Juga: 5 Alasan Anak Menangis yang Moms Perlu Tahu

Bintil atau hordeolum

Bintil atau timbil adalah benjolan kecil di tepi pelupuk mata yang disebabkan oleh infeksi kelenjar minyak atau kelenjar keringat yang terdapat di tepi kelopak mata. Kondisi ini disertai keluarnya cairan kuning yang dapat menyebabkan mata lengket.

Konjungtivitis

Konjungtivitis adalah peradangan atau infeksi pada membran luar bola mata dan kelopak mata bagian dalam. Infeksi mata yang menular ini dapat disebabkan oleh bakteri, virus, atau alergi. Gejalanya mata berair berlebih, yang akhirnya bisa menyebabkan mata lengket.

Kelainan pada hidung

Masalah bawaan pada saluran hidung, seperti polip hidung dan kelainan bentuk hidung, juga dapat menyebabkan lengket pada mata bayi. Keberadaan benda asing di rongga hidung juga bisa membuat mata lebih berair dan lengket.

Infeksi saluran pernapasan atas

Batuk dan pilek yang umum atau infeksi lain pada saluran pernapasan bagian atas pada bayi juga dapat menyebabkan mata berair, yang dapat menyebabkan mata lengket.

Baca Juga: Infeksi Telinga pada Bayi

Alergi

Reaksi alergi dapat menyebabkan mata menjadi gatal dan berair, dan berujung pada mata lengket. Misalnya alergi serbuk sari, makanan, bulu hewan peliharaan, dan bahkan wewangian pada body lotion juga dapat menyebabkan alergi.

Namun waspadai jika keluarnya cairan dari mata disertai gejala lain, seperti kemerahan atau gatal, bisa jadi disebabkan oleh infeksi. Konsultasikan pada dokter jika mata berair dan lengket pada bayi disertai kemerahan dan gatal pada mata, demam, keluarnya nanah atau cairan berwarna merah atau hijau dari mata. Selain itu terlihat bengkak pada kelopak mata, mengalami mata yang lengket dalam waktu lama, bayi tampak sensitif terhadap cahaya, bayi terus menutup matanya, sisi hidung tampak bengkak, dan saluran air mata masih tersumbat saat bayi mencapai usia satu tahun.