Moms sering merasa lapar di malam hari? Seringnya untuk memuaskan rasa lapar, orang cenderung memilih camilan yang cepat dan praktis, seperti snack manis atau gorengan. Namun jenis makanan tersebut berdampak buruk bagi kesehatan, terutama dikonsumsi di malam hari. Maka tak sering Moms beralih ke buah-buahan, namun apakah buah-buahan, seperti pisang, aman dikonsumsi sebelum tidur?

Pisang adalah salah satu makanan paling bernutrisi dan baik dikonsumsi sehari-hari. Namun, mungkin Moms pernah mendengar bahwa mengonsumsi pisang di malam hari menimbulkan banyak efek samping. Bagaimana faktanya?

Hal ini sebagian benar, Moms. Menurut ahli kesehatan dan ahli gizi, satu-satunya alasan Moms harus menghindari makan pisang menjelang waktu tidur adalah jika Moms sedang pilek, batuk, atau menderita asma. 

Mengonsumsi pisang menjelang tidur dapat meningkatkan pembentukan lendir. Sementara pada penderita asma, makan pisang di malam hari dapat menimbulkan banyak dahak dan membuat sulit bernapas. Selain itu, makan pisang di malam hari dapat menambah berat badan karena tubuh sulit mencernanya. 

Jika Moms mengalami masalah perut, seperti kembung atau gas, mengonsumsi pisang di malam hari dapat memperparah kondisi tersebut. Jika Moms memiliki masalah pada gigi, hindari juga konsumsi pisang di malam hari karena dapat meningkatkan risiko kerusakan gigi.

Baca Juga: Kurangi Risiko Maag dengan Pisang

Walau begitu, mengonsumsi pisang di malam hari juga memiliki manfaat, Moms.

Membantu tidur

Untuk menutup hari yang panjang dan melelahkan, Moms tentu butuh istirahat dan tidur yang cukup. Satu atau dua buah pisang bisa dikonsumsi menjelang waktu tidur untuk membantu otot merasa relaks sehingga membantu Moms tidur lebih nyenyak. Namun, jika Moms berencana untuk belajar atau bekerja di malam hari, sebaiknya hindari konsumsi pisang karena bisa membuat lesu dan mengantuk.

Baca Juga: Tidur Tengkurap Saat Hamil, Bahayakah Bagi Janin?

Membantu mengontrol asam lambung

Jika menu makan malam Moms mengandung terlalu banyak minyak dan pedas, kemungkinan besar Moms akan mengalami mulas atau asam lambung. Mengonsumsi satu pisang dapat membantu menetralkan asam lambung dan mengontrol tingkat keasaman di lambung.

Membantu mencegah kram otot

Pernahkah Moms mengalami kram otot saat tidur di malam hari? Walau penyebab utamanya tidak diketahui, ada beberapa faktor risiko Moms mengalami kram otot saat tidur, misalnya posisi tidur dengan kaki menekuk, gaya hidup mager, olahraga terlalu berat, posisi duduk yang tidak benar, berdiri dalam waktu lama, aktivitas saraf abnormal, atau pemendekan tendon. Mengonsumsi pisang di malam hari dapat membantu meredakan kram kaki saat tidur. Pisang kaya akan magnesium dan kalium, dua elektrolit yang mampu mengurangi kram otot.

Baca Juga: Mengatasi Kram Perut Saat Hamil

Membantu mengurangi nafsu makanan manis

Mengonsumsi pisang bisa jadi alternatif “ngidam” makanan manis yang lebih sehat di malam hari.

Meningkatkan serat dalam tubuh

Pisang kaya akan serat dan mengonsumsinya menjelang waktu tidur membantu meningkatkan kadar serat dalam tubuh, serta mencegah penyakit diabetes tipe-2, penyakit jantung, dan kesehatan pencernaan.

Membantu menurunkan tekanan darah

Bagi Moms yang memiliki tekanan darah tinggi, ada baiknya meningkatkan konsumsi kalium dan mengurangi konsumsi sodium. Pisang kaya akan kalium dan baik mengontrol tekanan darah. Jika di siang hari asupan kalium Moms masih kurang, bisa ditambah dengan konsumsi pisang di malam hari.

Baca Juga: DASH Diet, Solusi Turunkan Tekanan Darah