Apakah Moms sering menyajikan jamur di meja makan? Banyak manfaat jamur bagi kesehatan Moms, termasuk bisa menurunkan kolesterol. 

Jamur termasuk salah satu menu yang bisa diolah menjadi apa saja. Bisa dibuat sayur tumis, digoreng tepung, juga ditambahkan ke dalam salad. Jamur juga aman untuk diet, Moms, karena tidak mengandung lemak, rendah natrium, rendah kalori, dan bebas kolesterol. 

Jamur kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Manfaat nutrisinya berbeda-beda,  tergantung jenis jamurnya. Tapi secara keseluruhan, jamur kaya akan nutrisi. 

Baca Juga: Manfaat Sarapan Tinggi Protein, Bisa Kendalikan Nafsu Makan

Walau ada kategori jamur yang beracun, namun Moms tidak perlu khawatir ketika membelinya di pasar atau supermarket yang terpercaya. Jenis jamur yang paling umum dijual, seperti jamur tiram, kancing, merang, kuping, enoki, atau shitake, masing-masing memiliki tampilan dan rasa yang unik.

Berikut adalah nutrisi yang terkandung di dalam jamur:

Antioksidan

Antioksidan membantu melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat memicu penyakit jantung dan kanker. Selain itu, antioksidan juga melindungi Moms dari kerusakan akibat penuaan dan meningkatkan sistem kekebalan. Jamur kaya akan antioksidan yang disebut selenium. Faktanya, mereka adalah sumber mineral terbaik di lorong produksi.

Beta glucan

Beta glucan adalah jenis serat yang bisa larut dalam air, dan sering dikaitkan dengan penurunan risiko kolesterol dan peningkatan kesehatan jantung. Nutrisi ini juga membantu tubuh mengatur gula darah, mengurangi risiko diabetes tipe 2. Jamur tiram dan shiitake adalah jenis jamur yang memiliki beta glukan yang paling efektif.

Baca Juga: Manfaat Clover Honey, untuk Imun, Jantung, hingga Kulit

Vitamin B

Jamur kaya akan beberapa vitamin B, yaitu riboflavin, niasin, dan asam pantotenat. Kombinasi tersebut membantu melindungi kesehatan jantung. Riboflavin baik untuk sel darah merah. Niacin baik untuk sistem pencernaan dan menjaga kesehatan kulit. Asam pantotenat baik untuk sistem saraf dan membantu tubuh membuat hormon yang dibutuhkan.

Tembaga (copper)

Tembaga membantu tubuh membuat sel darah merah, yang digunakan untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh. Mineral tersebut juga penting untuk proses lain dalam tubuh, seperti menjaga kesehatan tulang dan saraf. Satu porsi jamur mampu memenuhi sekitar sepertiga dari jumlah tembaga harian yang direkomendasikan, Moms.

Kalium

Kalium sangat penting untuk fungsi jantung, otot, dan saraf. Jumlah kalium dalam 2/3 cangkir jamur portobello atau sejenis jamur kancing yang dimasak sama banyaknya dengan jumlah kalium dalam pisang ukuran sedang, Moms.

Baca Juga: Sejuta Manfaat Kacang Merah Bagi Kesehatan - Moms Indonesia)

Saat memilih jamur, pastikan jamur terasa keras, tidak lembap saat disentuh, dan tidak bercendawan. Simpan jamur di dalam kantong kertas di dalam lemari es selama sekitar lima hari. Sebelum mengolahnya, pastikan untuk membersihkan kotoran dan membilasnya ya, Moms.