Clover honey yang belakangan ini viral di berbagai media sosial merupakan madu yang dibuat lebah madu dari nektar tanaman clover. Rasanya manis, teksturnya lebih lembut, dan warnanya lebih bening dibanding jenis madu lainnya. Clover honey pun menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan, Moms.

Clover honey memiliki rasa yang lebih kompleks dibanding gula biasa, sehingga banyak orang menggunakannya sebagai pengganti gula pada teh, kopi, atau dessert

Baca Juga : Hati-hati Memberikan Madu pada Si Kecil

Memilih madu, dalam hal ini clover honey, dibanding gula tentu lebih sehat sebagai bahan dasar makanan dan minuman manis di rumah. Selain untuk makanan, clover honey juga biasa digunakan dalam obat batuk dan pilek, serta pengobatan di rumah karena khasiatnya yang mampu menjaga kesehatan, antibakteri, dan meredakan sakit tenggorokan.

Baca Juga : Manfaat Madu untuk Ibu Hamil

Nutrisi yang terkandung dalam satu sendok teh clover honey (21 gram) antara lain 60 kalori, 0 protein dan lemak, serta 17gram karbohidrat.

Madu jenis ini mengandung karbohirat dalam bentuk gula alami, juga sejumlah kecil vitamin dan mineral, seperti magnesium, kalium, zat besi, zinc, dan antioksidan.

Berikut adalah manfaat clover honey bagi kesehatan Moms:

Antivirus dan antibakteri

Dalam sebuah penelitian yang membandingkan kapasitas antibakteri dari 16 jenis madu, clover honey memiliki aksi antibakteri terkuat, setara dengan dosis 2,2 mg antibiotic kanamycin. Antibakterinya juga efektif untuk menyembuhkan luka, seperti luka bakar dan goresan, karena bakteri tidak dapat berkembang.

Kaya antioksidan

Clover honey tinggi antioksidan, sehingga dapat mencegah atau mengurangi kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas dan menurunkan risiko terkena penyakit. Selain itu, clover honey mengandung anti-inflamasi flavanol dan antioksidan asam fenolik yang tinggi. Flavanol dapat meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru, sedangkan asam fenolik memperkuat sistem saraf pusat.

Baca Juga : Lakukan Kebiasaan Ini Agar Jantung Sehat

Mengatur tekanan darah

Clover honey dapat membantu mengatur tekanan darah, Moms. Namun tetap dengan takaran yang tidak berlebihan, cukup 1 – 2 sendok teh dalam sehari.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Seperti fungsi madu pada umumnya, clover honey juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari infeksi. Kandungan antibakteri yang berasal dari hidrogen peroksida dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, Moms. Terutama di masa pandemi ini, clover honey dapat Moms konsumsi sebagai pengganti vitamin C.

Meringankan gangguan tidur

Secara umum, madu dapat meningkatkan kadar insulin dalam tubuh yang secara tidak langsung membuat tubuh lebih mudah tertidur. Selain itu, jika Moms sering terbangun di malam hari karena lapar, direkomendasikan mengonsumsi satu sendok teh clover honey sebelum tidur. Terbangun di malam hari akibat lapar terjadi karena glikogen dari makan malam yang disimpan dalam hati sudah habis “dikonsumsi” tubuh, membuat alarm tubuh bangun meminta energi tambahan.

Melembapkan kulit kering dan kusam

Madu terkenal dalam dunia kecantikan, sifat melembapkan secara alaminya dapat meremajakan kulit, menghilangkan kerutan, mengobati jerawat subklinis, dan mengatur pH kulit. Clover honey baik dikonsumsi secara teratur dan tidak berlebihan untuk mendapatkan manfaatnya secara keseluruhan.