Tahukah Moms, dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Pendidikan Universitas Cambridge bersama Lego Foundation, ditemukan fakta bahwa anak-anak yang ayahnya menyempatkan waktu untuk bermain bersama mereka sedari dini memiliki kemampuan untuk mengontrol perilaku dan emosinya dengan lebih baik. Studi ini menemukan bahwa anak-anak yang banyak menghabiskan waktu bermain yang berkualitas bersama ayahnya memiliki kemungkinan lebih kecil untuk menunjukkan gejala hiperaktivitas dan agresivitas. 

Nah, salah satu keuntungan yang muncul dari pandemi COVID19 ini adalah bertambahnya waktu yang bisa dihabiskan para ayah di rumah bersama anak-anak. Sayang sekali jika tidak dimanfaatkan bukan, Moms? Meskipun hanya di rumah ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan para ayah dengan balitanya lho, Moms. Contohnya saja 4 kegiatan berikut ini. 

Petak Umpet 

Meskipun si Kecil belum mahir bersembunyi, aturan petak umpet yang sederhana sudah bisa dimengerti balita. Selain bisa merangsang fungsi kognitif anak, petak umpet juga seru dan mudah dilakukan di rumah.

Baca Juga : Tetap Asik Berkreasi dari Rumah

Kejar-kejaran 

Kejar-kejaran juga bisa jadi kegiatan seru ayah dan balita yang bisa dilakukan di dalam rumah atau pun di halaman. Moms bisa meminta Dads untuk berlari kecil dan mendorong si Kecil untuk menangkap ayahnya. Niscaya si Kecil pasti akan dengan riang mengejar ayahnya.

Baca Juga : Olah 4 Kegiatan Seru Ayah dan Balita Selama Pandemiraga Bersama Anak di Rumah

Bermain balok 

Balita biasanya menikmati permainan-terbuka seperti menyusun balok. Ajak Si kecil untuk berlomba menumpuk balok yang paling tinggi bersama ayahnya atau mencoba membuat bangunan dan bentuk-bentuk lainnya.

Menyusun Puzzle 

Puzzle adalah mainan edukatif yang baik untuk melatih kemampuan motorik halus dan juga kognitif anak. Sejak berusia 3 tahun, anak biasanya sudah mampu menyusun puzzle yang terdiri ada 3-4 potong. Jika si Kecil sudah terbiasa bermain puzzle sebelumnya, bukan tidak mungkin dia akan mampu menyelesaikan puzzle dengan potongan yang lebih banyak. Moms bisa beli puzzle dengan potongan besar yang bisa disusun bersama. Menyusun puzzle bersama ini bisa jadi opsi kegiatan menyenangkan bersama ayahnya, terlebih ketika sedang hujan dan tidak bisa keluar rumah.

Baca Juga : Manfaat Jigsaw Puzzle Bagi Perkembangan Anak

Apakah ada kegiatan favorit si kecil dari 4 kegiatan seru ayah dan balita di atas? Share di kolom komentar ya, Moms!