Kemampuan daya ingat merupakan salah satu kunci dalam kesuksesan anak, terutama dalam belajar. Memiliki ingatan yang kuat membantu anak belajar lebih baik. Daya ingat bisa dilatih sejak dini melalui beberapa aktivitas, Moms.

Baca Juga: 7 Aktivitas untuk Tingkatkan Keterampilan Kognitif Anak

Ada dua jenis memori, yaitu memori jangka pendek dan memori jangka panjang. 

Memori jangka pendek membantu anak memahami dan mengingat informasi terbaru, serta membantunya mengerjakan tugas saat ini. Sementara memori jangka panjang membantu anak memahami suatu topik lebih dalam, informasi tersebut akan ditransfer ke memori jangka panjangnya. 

Berikut beberapa cara mengoptimalkan daya ingat anak sejak dini.

Melalui permainan yang melibatkan fisik

Aktivitas fisik bermanfaat bagi otak si Kecil, Moms. Penelitian menunjukkan bahwa saat tubuh bergerak, menghasilkan campuran biokimia yang melatih otak untuk belajar dan memperkuat daya ingat. Anak sebaiknya diberi kesempatan untuk berlari, memanjat pohon, dan bermain permainan fisik sebelum, selama, dan setelah belajar.

Mengajukan pertanyaan pada anak

Penelitian menunjukkan bahwa mendiskusikan sesuatu dengan anak membantu meningkatkan daya ingatnya. Menurut DeAnn Davies, ahli dari Rumah Sakit Anak Phoenix, Moms bisa mengajukan pertanyaan saat berada di taman, misalnya “apa yang ada di taman?” 

Jenis pertanyaan ini tidak hanya membantu ingatan, tetapi juga akan membantu anak mengenali pentingnya detail dan mengingat. Moms juga bisa menanyakan pada si Kecil setelah membacakan cerita, misalnya “apa yang dikatakan kancil pada serigala?”. 

Menyanyikan lagu

Musik adalah metode yang kuat. Inilah mengapa anak dapat mengingat lirik lagu film kartun favoritnya. Musik adalah alat pembelajaran pra-bahasa, penelitian menunjukkan bahwa musik dapat meningkatkan memori dengan baik. Moms bisa mengajarkan si Kecil menyanyikan lagu-lagu sederhana. 

Baca Juga: Hari Musik Nasional, Ini Manfaat Musik Bagi Perkembangan Anak

Meminta bantuan anak

Jika si Kecil sudah cukup besar, Moms bisa meminta bantuannya untuk mengambil beberapa barang atau membelikan beberapa bahan di warung. Cara ini bisa melatih daya ingatnya, mengingat apa saja yang perlu ia bawakan untuk Moms. Selain itu, meminta tolong pada si Kecil juga akan membuatnya merasa istimewa!

Melalui permainan daya ingat

Beberapa permainan asah otak bisa melatih daya ingat si Kecil, Moms, misalnya tebak benda atau gambar, puzzle, atau lego. 

Baca Juga: Manfaat Bermain Board Game

Menyusuri kenangan bersama

Membolak-balik foto keluarga bisa jadi salah satu cara untuk mengingat momen-momen spesial sambil melatih daya ingat anak. Moms bisa memintanya mengidentifikasi orang-orang di foto yang dikenal atau pernah ditemuinya, serta memintanya bercerita tentang pengalaman liburannya.