Meski sudah di penghujung 2020, masih ada saja  ibu yang berpikir bahwa anak-anak seharusnya dibiarkan tumbuh secara alami saja, tanpa stimulasi atau pun rangsangan untuk mendukung pertumbuhan yang optimal. 

Hal ini tentu saja tidak akan masalah jika lingkungan tempat anak tumbuh sudah secara alami menyediakan berbagai stimulasi, seperti ketika zaman kita dulu. Generasi sekarang tumbuh di era serba ada, sehingga stimulasi dan paparan lingkungan yang mereka dapatkan pun berbeda dengan zaman dulu. Mereka lebih banyak terkukung di dalam ruangan dan layar, sehingga baik motorik maupun sensoriknya tidak terasah. 

Padahal, menurut Audrey van der Meer, seorang profesor di the Norwegian University of Science and Technology (NTNU), anak-anak yang sedari dini terpapar stimulus motorik dan sensorik akan memiliki perkembangan otak yang lebih baik juga. Hal ini karena sinapsis--sinapsis otak anak masih fleksibel sehingga sangat adaptif terhadap stimulus yang diterimanya.

Baca Juga : Pilihan Mainan untuk Bayi 6Bulan

Untuk merangsang motorik si kecil ini sebenarnya Moms tidak perlu menghabiskan banyak biaya dengan mendaftarkan anak ke baby gym atau sampai mempekerjakan pelatih privat. Namun, bisa melakukannya dengan mengajak anak bermain. Tapi, Moms bingung mau melakukan permainan apa? Nah, silahkan disimak ide-ide permainan untuk merangsang motorik si kecil berikut ini.

Bermain Balok 

Tidak hanya menyenangkan, saat menyusun balok, anak sekaligus juga belajar menguatkan otot-otot jari tangannya, juga koordinasi tangan dan mata. Moms bisa memulai mengajak anak bermain balok sejak usia 6 bulan atau ketika si Kecil sudah bisa duduk. 

Bermain Bola 

Meski terkesan sederhana, permainan bola lempar-tangkap merupakan permainan untuk merangsang motorik si Kecil. Pilihlah bola yang tidak terlalu berat dan diameternya sesuai dengan ukuran tangan anak. Moms bisa ajak si Kecil bermain di halaman rumah sekaligus menikmati sinar matahari untuk asupan vitamin D.

Baca Juga : Jenis dan Manfaat Mainan Edukasi Bagi Anak

Membuat Kue 

Meski dapur penuh dengan bahaya, bukan berarti si Kecil tidak bisa kita ajak untuk membantu di dapur. Moms bisa ajak si Kecil untuk mengadon kue bersama dan biarkan dia merasakan tekstur dan menuang bahan-bahan. Baginya ini adalah permainan yang menyenangkan lho, Moms.

Baca Juga : Mainan Anak dari Bahan Dapur

Nah, ternyata tidak sulit menemukan permainan untuk merangsang motorik si Kecil ya, Moms. Semua bisa dilakukan di lingkungan rumah meski sedang pandemi seperti ini. Selamat bermain!