Stunting atau gagal tumbuh merupakan topik hangat yang sering menjadi bahan seminar atau obrolan di media. Indonesia menjadi salah satu negara dengan angka stunting yang masih tinggi. Stunting ditandai dengan tinggi anak yang lebih pendek dibandingkan tinggi anak seusianya. 

Permasalahan tinggi badan seorang anak biasanya lebih dikaitkan kepada faktor keturunan atau gen. Tetapi,  selain faktor keturunan ada beberapa faktor lain penentu tinggi badan anak salah satunya adalah faktor nutrisi. 

Banyak Moms milenial saat ini mulai menggalakkan MPASI dengan gizi seimbang guna mencegah stunting. MPASI gizi seimbang merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam strategi penurunan angka kejadian stunting di indonesia. Penambahan berat badan dan tinggi yang sesuai dengan patokan kurva WHO menjadi acuan para Ibu mengenai pertumbuhan anak.

Baca Juga : Inspirasi Finger Food: Muffin Pisang Bayam

Berbicara soal nutrisi ternyata ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu untuk menambah tinggi badan si Kecil. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang bisa Moms berikan kepada si Kecil : 

Telur

Makanan yang sangat mudah ditemui di berbagai daerah di indonesia ini ternyata bisa membantu si Kecil untuk menambah tinggi badannya. Telur kaya akan protein, Vitamin B12, kalsium hingga riboflavin. Jika Moms takut akan lemak pada telur,  Moms bisa memakai putih telurnya saja. Selain tinggi protein,  telur juga sangat mudah diolah menjadi berbagai macam makanan lezat. 

Produk susu 

Susu dan produk lainnya seperti yogurt sangat penting untuk pertumbuhan si Kecil. Susu  kaya akan kalsium dan juga berbagai vitamin dan mineral tentu akan membantu si Kecil tumbuh lebih tinggi. Jika si Kecil kurang menyukai rasa susu atau yogurt maka Moms bisa memberikan keju sebagai alternatif. 

Ayam 

Bahan makanan yang satu ini juga sangat mudah ditemukan di mana saja. Pengolahannya pun cukup mudah dengan rasa yang lezat. Ayam diyakini sebagai salah satu sumber protein yang baik untuk tubuh. Selain protein ayam juga mengandung antioksidan dan beberapa mikronutrien lainnya. 

Kacang-kacangan dan Biji-bijian 

Kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung banyak mikronutrien penting untuk si Kecil. Mengandung lemak baik seperti asam amino dan beberapa mikronutrien lainnya serta vitamin. Terbukti mampu membantu si Kecil untuk menambah tinggi badannya. 

Baca juga : Sumber Protein Nabati untuk MPASI

Sayuran hijau 

Walau pada masa MPASI sayuran hijau hanya bersifat diperkenalkan, namun tidak ada salahnya jika Moms konsisten dalam menambahkan sedikit sayuran hijau seperti bayam, brokoli atau okra pada makanan si kecil. Sayuran hijau mengandung serat, vitamin serta mineral yang dibutuhkan untuk perkembangan dan pertumbuhan si Kecil.

Baca Juga : 7 Makanan Terlarang untuk MPASI