Selamat ya, Moms si Kecil bukan lagi bayi, melainkan balita. Pada usia ini, si Kecil mungkin mulai menggunakan kata-kata, dapat berdiri sendiri dan berjalan beberapa langkah. Untuk membantu si Kecil belajar dan bertumbuh, bacakan buku untuknya  dan mendorongnya aktif bermain.

Untuk lebih detailnya, berikut perkembangan si Kecil yang sudah memasuki usia 1 tahun.

Baca Juga :Perkembangan Bayi Usia 9 Bulan yang Moms Wajib Tahu

Perkembangan sosial dan emosional

Pada satu tahun usianya ini, Mom dengan beberapa cara akan melihat si Kecil belajar terhubung dengan orang-orang di sekitarnya. Bukan hanya pasif, ia pun mencoba aktif memperlihatkan emosi maupun mendekati Moms dan orang yang dikenalnya. Perkembangan sosial dan emosional si Kecil, antara lain:

Tips untuk orang tua

Perkembangan bahasa dan komunikasi

Pertambahan usia setahun ini juga membuat si Kecil mengembangakan kemampuan bahasa dan caranya berkomunikasi. Ia semakin memiliki kemampuan mengekspresikan kebutuhannya dan menanggapi ajakan komunikasi dengannya, seperti:

Tips untuk orang tua

Perkembangan kognitif

Pada usia 1 tahun, rata-rata ukuran otak anak telah mencapai dua kali lipat dari ukuran otaknya saat lahir. Di sinilah terjadi perkembangan yang luar biasa dari kerja otaknya. Antara lain ditunjukkan dengan: 

Tips untuk orang tua

Perkembangan fisik dan motorik

Secara umum, berat badan anak usia 1 tahun berkisar 3 kali dari berat lahirnya. Dengan pertembahan berat dan tinggi badan, kemampuan motoriknya juga semakin meningkat, seperti:

Tips untuk orang tua

Coba letakkan si Kecil di permukaan yang rata untuk membantunya mengembangkan keterampilan motorik kasarnya, seperti merangkak dan menggerakkan lengan dan kakinya.

Hal-hal yang harus diperhatikan

Meski ada panduan perkembangan anak, tapi Moms perlu menyadari bahwa setiap anak memiliki perkembangan yang berbeda-beda. Tidak bisa disamakan perkembangan anak yang satu dengan yang lainnya.  

Perhatikan perkembangan si Kecil ya, Moms. Konsultasikan pada dokter anak jika si Kecil yang berusia 1 tahun mengalami ini:

Baca Juga :Perkembangan Bayi Usia 6 Bulan