Salah satu efek positif COVID19 di Indonesia adalah membuat testpack ibu-ibu menjadi positif. Bahkan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) melaporkan terjadinya peningkatan kehamilan yang signifikan selama pandemi COVID19. 

Dikutip dari harian Kompas (20/05/2020), ada lebih dari 400.000 kehamilan baru terjadi selama pandemi di Indonesia. Hamil di tengah pandemi ini tentunya akan sangat berbeda dari kehamilan di masa sebelum pandemi. Dengan himbauan di rumah saja dan pembatasan kunjungan ke dokter, Moms yang sedang hamil bisa jadi merasa sedikit stres. Nah, supaya kehamilan kali ini tetap bahagia, Moms bisa coba 3 kegiatan seru untuk ibu hamil saat pandemi berikut ini. 

Maternal shoot di rumah 

Hanya karena virus COVID19, bukan berarti kehamilan Moms kali ini tidak bisa diabadikan dalam maternal shoot yang kece lho, Moms. Untuk Moms yang punya pasangan yang hobi fotografi, bisa ajak Dads membuat mini studio di rumah dan mengajaknya untuk menjajal kemampuan fotografinya, sekaligus memberdayakan kamera yang mungkin sudah lama tak disentuhnya. Kalau Moms tidak puas dengan hasil jepretan Dads, ada sebuah tren baru yang bisa dicoba, yakni pemotretan virtual. Ada banyak para fotografer yang kini membuka jasa memotret melalui bantuan video call sehingga tentunya lebih aman karena tidak ada kontak fisik. 

Baca Juga : Kiat Foto Kehamilan Cantik Meski #DiRumahAja

Mendaftar kelas daring 

Sejak pandemi, ada banyak kelas daring yang difasilitasi oleh berbagai pihak bermunculan. Ikut kelas daring ini bisa jadi kegiatan seru untuk ibu hamil saat pandemi yang aman. Moms bisa pilih yang paling sesuai dengan minat Moms. Pilihannya sangat banyak, mulai dari kelas pengasuhan anak, kelas masak, bahkan kelas olahraga seperti yoga. Ajak teman-teman Moms yang juga hamil untuk seru-seruan bersama di kelas yang sama. 

Baca Juga : Cara Kelola Kecemasan Saat Hamil Selama Pandemi

Syukuran Virtual 

Salah satu anjuran WHO selama pandemi adalah menghindari kerumunan dan tertib menjalankan protokol kesehatan. Nah, supaya berita bahagia kehamilan Moms tetap bisa dirayakan bersama keluarga, Moms bisa mengundang sahabat dan keluarga ke syukuran virtual menggunakan berbagai aplikasi video conference. Undang para tamu beberapa hari sebelumnya agar menyediakan waktu untuk silaturahmi virtual tersebut. Walaupun pilihan kegiatan seru untuk ibu hamil saat pandemi tidak sebanyak pada masa biasa, tetapi Moms tetap bisa bersenang-senang dan menikmati kehamilan ini dengan bahagia. Sehat selalu, bumil. 

Baca Juga : Tip Merayakan Ulang Tahun Selama Pandemi Agar Tetap Seru