Kebanyakan Moms biasanya tidak menyadari kehamilannya sampai telat menstruasi. Setelah tes dan mendapatkan hasil kehamilan positif, Moms hampir melewati bulan pertama kehamilan. 

Agar janin tidak kekurangan nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangannya, saatnya Moms menerapkan pola makan sehat. Bahkan, pola makan sehat sebaiknya telah Moms terapkan sejak menjalani program hamil. Sehingga ketika hasil kehamilan positif, janin tidak kekurangan nutrisi, Moms, sehingga perkembangannya pun bisa optimal. 

Berikut ini daftar makanan yang dianjurkan dan tidak untuk Moms konsumsi selama kehamilan bulan pertama. 

Makanan yang dianjurkan selama kehamilan bulan pertama:

  1. Sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, alpukat, lentil, roti 100% gandum utuh, jus jeruk, kacang-kacangan, dan sereal yang kaya asam folat. Asam folat merupakan nutrisi penting untuk otak dan perkembangan tulang belakang janin. Selain itu, juga membantu dalam pembentukan darah selama kehamilan dan mencegah cacat tabung saraf pada bayi.
  2. Susu dan produk susu seperti yogurt dan keju merupakan sumber kalsium yang baik. Kalsium sangat penting untuk fungsi jantung dan saraf janin, serta membantu perkembangan tulang, gigi, dan otot.
  3. Buah-buahan dan sayuran berwarna kuning dan merah, seperti kubis, brokoli, stroberi, jeruk, yang kaya vitamin C. Vitamin ini penting untuk pertumbuhan gigi dan tulang bayi.
  4. Makanan kaya serat, seperti gandum, roti gandum, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran, untuk mencegah sembelit dan menyehatkan usus Moms.
  5. Daging tanpa lemak adalah sumber zat besi dan protein yang baik, membantu dalam pembuatan hemoglobin. Selain itu, memenuhi kebutuhan suplai darah janin.
  6. Biji-bijian dan kacang-kacangan adalah makanan kaya protein yang membantu perkembangan jaringan janin dan memperbaiki otot payudara dan rahim Moms. 
  7. Makanan sumber vitamin D, terutama jika sinar matahari belum mencukupi kebutuhan vitamin D Moms, seperti susu yang diperkaya vitamin D, ikan kembung, telur, dan jamur.

Baca Juga: 5 Jenis Sayuran untuk Ibu Hamil

Sementara makanan yang tidak dianjurkan selama kehamilan bulan pertama:

  1. Hindari keju lunak, seperti brie, ricotta, camembert, blue cheese, dan feta, karena bersifat sedikit asam dan lebih lembap. Selain itu juga hindari tauge, daging sandwich, dan salad, karena kemungkinan mengandung bakteri listeria.
  2. Hindari telur mentah karena kemungkinan mengandung salmonella.
  3. Hindari daging dan unggas yang kurang matang karena mungkin mengandung bakteri E. coli, Campylobacter, salmonella, dan Toxoplasma gondii.
  4. Hindari ikan laut, seperti tenggiri Amerika (king mackerel) karena mengandung merkuri tinggi. Selain itu, hindari ikan mentah seperti sushi dan sashimi. Salmon air tawar, bass, bluefish, trout, tombak, dan walleye mungkin mengandung PCB tingkat tinggi (polychlorinated biphenyls, yang merupakan senyawa industri yang sangat beracun) dan harus dihindari.
  5. Hindari konsumsi jus, dan susu yang tidak dipasteurisasi karena mungkin mengandung bakteri E.coli atau listeria.
  6. Hindari kecambah mentah karena kemungkinan mengandung E. coli salmonella.
  7. Batasi juga konsumsi kue kering, kue, pai, daging olahan, pizza, burger, dan gorengan yang kemungkinan memiliki lemak jenuh dalam jumlah tinggi.
  8. Batasi konsumsi makanan yang mengandung gula tambahan (seperti permen, minuman berenergi, minuman bersoda manis) dan garam.
  9. Batasi konsumsi kafein berlebih, lebih dari 200-300 mg atau 2 - 3 cangkir kopi sehari dapat menyebabkan keguguran.

Baca Juga: Jatah Kopi untuk Moms Hamil