Apa saja obat flu untuk ibu hamil? Apakah penggunaannya aman? Kemudian bagaimana aturan dari cara penggunaannya? Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, ada baiknya jika Moms simak penjelasan di bagian bawah ini. 

Mengenal obat flu untuk ibu hamil

Ada banyak jenis obat yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah flu pada ibu hamil. Dimulai dari jenis obat dengan bahan kimia yang dapat dijumpai dengan mudah di apotek. Selain itu, ada pula jenis obat yang dibuat dari bahan alami. 

Berbicara mengenai jenis obat flu yang terbuat dari bahan kimia. Berikut ini adalah beberapa nama obat flu untuk ibu hamil yang bisa Moms beli dari apotek, di antaranya : 

Untuk ibu hamil yang mengalami masalah kesehatan seperti halnya flu. Tidak perlu khawatir, karena ada jenis obat yang dapat dikonsumsi dengan aman bahkan tanpa resep dokter. Jenis obat tersebut adalah paracetamol. 

Meskipun jenis obat yang satu ini tidak dapat menyembuhkan flu. Namun penggunaannya dapat meringankan gejala yang ditunjukkan. Seperti halnya sakit kepala, demam, badan pegal atau bahkan nyeri otot. 

Untuk jenis obat flu yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil itu terdiri dari dextromethorphan. Namun selain obat tersebut, ada pula jenis obat ekspektoran yang didalamnya mengandung guaifenesin.  

Sementara itu, untuk golongan obat antihistamin, Moms dapat menggunakan Clarifying dan juga Benadryl. Kedua jenis obat tersebut aman untuk dikonsumsi ibu hamil, utamanya jika flu yang diderita disebabkan oleh alergi. 

Selain beberapa jenis obat flu untuk ibu hamil di bagian atas tadi. Obat antivirus juga termasuk jenis obat yang aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Akan tetapi, jenis obat ini hanya tersedia dengan resep dokter dan efektif digunakan setelah 48 jam atau 2 hari dari adanya gejala flu. 

Penggunaan obat flu juga dinyatakan jauh lebih efektif, karena minim resiko efek samping. Selain itu, penggunaannya pun tidak hanya meringankan gejala flu saja. Tetapi juga dapat membantu agar ibu hamil cepat pulih kembali. 

Sementara itu, ada pula jenis obat flu untuk ibu hamil muda yang bisa didapatkan secara alami. Namun obat tersebut umumnya tidak didapatkan dari mengkonsumsi sesuatu yang khusus. Tetapi justru berawal dari gaya hidup sehat, seperti : 

Aturan penggunaan obat flu 

Untuk ibu hamil aturan penggunaan obat flu menjadi hal penting untuk diperhatikan. Apalagi jika obat yang digunakan dijual bebas. Karena umumnya jenis obat tersebut merupakan gabungan untuk beberapa masalah kesehatan sekaligus. 

Karena itulah ada baiknya jika Moms memilih jenis obat yang ditujukan bagi satu masalah kesehatan saja. Sementara itu, jika Moms melakukan pemeriksaan, pastikan untuk menanyakan aturan pakai dari obat yang diberikan. 

Dengan demikian, Moms pun tidak akan melakukan kesalahan dalam mengkonsumsi obat flu untuk ibu hamil

^ER