Rasa manis gula memang selalu jadi favorit si Kecil ya, Moms. Itu sebabnya, terkadang tanpa disadari, Moms memberikan makanan yang memiliki kadar gula tinggi kepada si Kecil. Padahal Moms, gula tinggi berpotensi membahayakan kesehatan si kecil, lho. Tak percaya? Simak penjelasannya. 

Waspadai makanan anak

Cokelat, es krim, donat adalah ragam makanan yang sering diberikan orang tua untuk menyenangkan hati si Kecil. Misalnya, saat dia sedang menangis atau rewel. 

Dengan alasan untuk mengenalkan si Kecil ragam makanan dan alasan kepraktisan saat di jalan-jalan di mal, Moms juga mengenalkan makanan siap saji yang pendampingnya biasanya minuman manis dan bersoda. 

Tapi tahukah Moms berapa kandungan gula  di balik makanan tersebut. Cek ini: 

Untuk mengingatkan Moms, si Kecil itu dalam sehari paling banyak diperbolehkan konsumsi gula sekitar 5 – 6 sendok teh saja. Masalahnya, si Kecil doyan menambah untuk makanan manis kesukaannya. Mana mau si Kecil hanya Moms berikan 1 potong donat. Pasti dia merengek minta lagi. Padahal 1 potomg donat saja sudah menjadi batasan konsumsi gula si Kecil di hari itu. 

Apalagi jika sedang berjalan-jalan di mal. Sudah membeli donat, makan es krim, dan minumannya pun bersoda. 

Jebakan gula tinggi bagi anak-anak ini bisa juga terdapat dalam makanananya sehari-hari. Seperti dari camilan biscuit-nya, beberapa sereal sarapan, saus (termasuk saus pasta). Bahkan smoothie dan jus buah pun mengandung gula. Terlebih jika Moms tambahkan susu cair dan gula. 

Baca Juga :Waspada Jebakan Gula pada Makanan Sehat

Baca label makanan

Di zaman serba praktis, banyak para Moms memiliki camilan, berupa biscuit dan kue atau jus buatan pabrik. Boleh saja sih Moms, karena tidak setiap ibu memiliki banyak waktu mempersipakan camilan anaknya tiap hari. 

Syaratnya, Moms harus pandai  mengidentifikasi produk yang tinggi gula. Moms harus memahami label. Angka-angka yang Moms lihat pada label nutrisi mewakili total gula, jadi ini termasuk gula bebas yang ditambahkan serta gula yang terjadi secara alami. Dengan memahami membaca label makanan, Moms tidak terjebak memberi si Kecil makanan dan minuman yang punya gula tinggi. 

Berikut patokan kadar tinggi atau rendah gula untuk  label produk makanan

Berikut patokan kadar tinggi atau rendah gula untuk label  produk minuman

Kiat jaga kadar gula makanan anak 

Jadi, gula bukannya sama sekali tak boleh diberikan kepada si Kecil, ya. Tapi Moms perlu mendorong si Kecil untuk membuat pilihan makanan yang lebih sehat bagi dirinya. Lakukan sejak dini ya, Moms.

Baca Juga :Kenali Gula Tersembunyi