Si Kecil tiba-tiba tidak mau menyusu?  Wah, Moms pasti panik dan mulai berpikir macam-macam, nih. Fenomena bayi yang awalnya senang menyusu, tetapi tiba-tiba menjadi enggan menyusu ini disebut juga dengan “nursing strike”. Nah, jangan buru-buru berpikiran bahwa si Kecil sudah tidak mau ASI lagi dan memutuskan menyapih dirinya sendiri ya, Moms. 

Fenomena bayi mogok menyusu ini ternyata lazim terjadi dan bukanlah sesuatu yang baru, Moms. Apa sih hal yang menyebabkan bayi enggan menyusu? Mari kita bahas satu per satu. 

Sedang tidak enak badan 

Sama seperti orang dewasa yang kehilangan selera makan ketika sakit, bayi pun bisa kehilangan selera menyusunya ketika badannya tidak enak. Ketidaknyamanan yang disebabkan hidung tersumbat, sakit telinga, sariawan, sakit tenggorokan, atau bahkan tumbuh gigi bisa membuat bayi menjadi enggan menyusu.

Baca Juga : Gigi Bayi Mulai Tumbuh? Perhatikan Hal Berikut

Perubahan ASI 

Perubahan suplai ASI, entah itu semakin sedikit atau kelewat banyak atau alirannya terlampau deras bisa membuat bayi mogok menyusu. Rasa ASI yang berubah karena makanan yang dikonsumsi ibunya juga bisa membuat bayi menolak untuk menyusu. 

Stres dan gangguan emosional 

Bayi pun bisa stres lho, Moms. Mereka pun bisa merasakan jika Moms sedang galau atau sedang dalam tekanan emosional. Mereka bisa merefleksikan emosi yang sedang Moms pancarkan dalam perilaku mereka yang menolak menyusu dan menjadi lebih rewel. Trauma yang terjadi saat proses menyusu, seperti teriakan marah Moms atau suara keras yang mengejutkan juga bisa menjadi hal yang menyebabkan bayi enggan menyusu.

Baca Juga : Arti Tangisan Bayi

Perubahan kebiasaan 

Parfum atau deodoran baru Moms juga bisa membuat bayi menjadi tidak nyaman dan tidak mau menyusu, lo. Perubahan aktivitas yang membuat bayi sering terpisah dan menjadi banyak diberikan ASIP juga bisa membuat bayi menolak menyusu. 

Lantas apa yang harus dilakukan ketika bayi enggan menyusu? Atasi hal yang menyebabkan bayi enggan menyusu terlebih dahulu dan tetap tawarkan bayi menetek tanpa memaksanya. Moms bisa mencoba menawarkan ketika bayi setengah tidur atau mengantuk. 

Kontak kulit ke kulit seharian juga bisa dicoba untuk kembali mengenalkan kehangatan dekapan ibunya. Cobalah menyusui dengan posisi dan tempat yang berbeda. Jangan gampang menyerah ya, Moms. Jika Moms mengalami kesulitan, jangan ragu-ragu untuk mengontak konselor laktasi terdekat. Selamat mengASIhi! 

Baca Juga : Manfaat ASI bagi Moms