Olahraga dan menyusui bayi masing-masing memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan Moms. Namun, bagaimana jika keduanya dilakukan dalam rentang waktu yang berbarengan? Bolehkah Moms yang masih menyusui juga aktif berolahraga?

Beberapa Moms mungkin masih ragu apakah berolahraga memengaruhi produksi ASI. Jawabannya adalah tidak. Moms bisa berkeringat sepuasnya tanpa takut olahraga akan memengaruhi suplai ASI. Namun perlu diingat bahwa tetap terhidrasi sangat penting bagi tubuh Moms saat menyusui, pastikan Moms minum cukup air sebelum dan setelah berolahraga, seperti yang direkomendasikan para ahli dari American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG).

Baca Juga : Olahraga Ringan Selama Kehamilan

Sebaiknya menyusui bayi dilakukan sebelum olahraga karena setelah olahraga tubuh cenderung kurang nyaman. Selain itu, setelah olahraga kadar asam laktat dalam ASI berubah untuk sementara dan dapat mengubah rasa ASI, tetapi tidak memengaruhi nutrisinya.

Berikut adalah manfaat olahraga saat menyusui:

Menambah lebih banyak energi

Rutinitas baru sejak melahirkan si Kecil terkadang melelahkan. Rutin olahraga membantu Moms menambah energi, terutama saat si Kecil terbangun di malam hari.

Membuat suasana hati baik

Menurut Centers for Disease Control (CDC) Amerika Serikat, setidaknya satu dari sembilan Moms mengalami depresi pasca-melahirkan. Melakukan olahraga yang cukup setelah melahirkan dapat membantu mencegah depresi pasca-melahirkan ini.

Baca Juga : Apa Itu Baby Blues Syndrome?

Menurunkan berat badan

Menyusui bayi sendiri sudah membakar antara 300 dan 500 kalori setiap hari. Jika Moms gabungkan dengan olahraga kalori yang dibakar berlipat-lipat, tubuh pun menjadi lebih sehat.

Membangun ikatan dengan bayi 

Menyusui dapat membangun ikatan dengan bayi, dikombinasikan dengan olahraga yang juga meningkatkan mood, membuat perasaan Moms lebih senang dan berdampak pada hubungan Moms dengan bayi.

Baca Juga : Manfaat Menyusui Bagi Ibu dan Bayi

Sebelum melakukan aktivitas olahraga, sebaiknya juga perhatikan jenis olahraga yang cocok untuk Moms yang belum lama ini melahirkan dan masih menyusui bayi. 

Beberapa olahraga yang dapat Moms lakukan ketika menyusui, misalnya yoga pascapartum, pilates, barre, jalan cepat, berenang, bersepeda, latihan beban ringan, latihan di rumah, termasuk push-up, lunge, plank, dan sit-up.

Para ahli ginekologi ACOG merekomendasikan olahraga ringan dengan durasi pendek untuk Moms yang sedang menyusui dan sedang dalam masa pemulihan dari melahirkan, kemudian sedikit-sedikit menambahkan durasi dan intensitasnya jika Moms merasa kuat dan sanggup melakukannya.

Namun, tidak semua Moms dapat kembali aktif berolahraga belum lama setelah melahirkan, terutama yang melalui operasi Caesar. Tidak apa-apa jika Moms belum mampu melakukannya. 

Jika Moms mengalami sakit perut, pendarahan, tonjolan di tengah perut, atau terasa berat di panggul, segera hentikan latihan dan konsultasikan dengan dokter.