Sebenarnya tidak ada makanan khusus untuk ibu menyusui. Sama seperti orang biasa, seorang ibu menyusui sebaiknya menjalankan diet gizi seimbang. Walau begitu, tidak bisa dimungkiri bahwa untuk menghasilkan ASI, kebutuhan nutrisi Moms menjadi meningkat. 

Meski penelitian mengungkapkan bahwa kandungan gizi ASI secara keseluruhan tidak signifikan dipengaruhi oleh diet ibunya, tetapi jika tubuh Moms kekurangan asupan nutrisi, tubuh akan mengambil langsung kekurangan nutrisi itu dari jaringan dan tulang Moms sendiri. Jadi yang nutrisinya tekor memang bukan bayinya, tapi malah Moms sendiri. 

Makanya, bagi Moms yang menyusui penting untuk mengonsumsi makanan-makanan yang padat nutrisinya, tak terkecuali saat memilih camilan. Nutrisi yang adekuat tidak hanya mendukung produksi ASI, namun juga penting untuk kesehatan fisik dan mental Moms, lho. Nah, mau tahu apa saja camilan ibu menyusui yang sehat dan bergizi yang bisa Moms pilih? Mari kita bahas satu persatu. 

Biji-bijian dan Kacang-Kacangan 

Ada alasannya kenapa Moms sering lapar saat sedang menyusui, yaitu karena tubuh memang membutuhkan tambahan kalori dan nutrisi saat memproduksi ASI, yakni sekitar 500 kalori tambahan per harinya. Tidak hanya tambahan kalori, tubuh Moms juga membutuhkan tambahan vitamin dan mineral. Biji-bijian dan kacang-kacangan adalah pilihan yang lezat untuk membantu memenuhi ini. Moms bisa mengonsumsi mereka bersama smoothies buah dan sayur atau menjadikannya protein bar, atau bisa juga sebagai toppings sereal atau oat.

Baca Juga : Sejuta Manfaat Kacang Merah Bagi Kesehatan

Yogurt 

Yogurt adalah hasil fermentasi susu dengan bakteri asam laktat. Yogurt juga adalah salah satu camilan ibu menyusui yang lezat dan padat nutrisi. Tidak hanya mengandung protein, yogurt juga kaya bakteri baik yang punya banyak manfaat kesehatan. Pilihlah yogurt yang komposisinya hanya susu dan kultur bakteri, tanpa tambahan gula atau aditif makanan lainnya. Yogurt bertipe greek juga bisa Moms pilih karena memiliki kandungan protein yang lebih tinggi. 

Makanan Berserat Tinggi 

Makanan yang berserat akan membantu pencernaan yang lebih lancar dan membantu Moms untuk merasa kenyang lebih lama. Contoh makanan berserat yang bisa dijadikan camilan seperti, kentang panggang, ubi kukus, oat atau muesli, atau roti dari gandum utuh. Jika Moms menyukai roti lapis, Moms bisa mengisinya dengan sayuran, keju, dan daging atau ikan salmon sebagai camilan yang bergizi lengkap.

 Adakah contoh camilan ibu menyusui di atas yang menjadi favorit Moms? Bagi ceritanya di kolom komentar, ya.

Baca Juga : Jenis Makanan Tinggi Serat