Sebelumnya saya sudah pernah membahas tentang MPASI praktis ala ibu bekerja, berdasarkan kebiasaan saya. Nah. kali ini juga saya akan kasih tip dan trik masak MPASI dalam waktu bersamaan untuk menu keluarga. 

Setiap hari,  sebelum pergi kerja, saya memastikan  makanan sudah matang semua sebelum pukul  7 pagi. Jadi saat berangkat kerja,  perut sudah kenyang dan tenang meninggalkan  anak karena makanan sudah ada. Bagaimana trik saya menyiapkan MPASI? Simak ya Moms.

Baca Juga : Resep MPASI Praktis ala Working Moms

Bersihkan dan siangi sayuran pada malam hari. 

Jadi setiap pulang kerja. saya sudah menyiapkan bahan-bahan masakan yang akan saya masak esok hari. Saya juga akan membersihkan dan menyiangi bahan makanan tersebut.

Masak menu yang sama

 Setiap hari saya pasti masak sayur dan  biar enggak repot masak dua kali, saya memasak menu yang sama untuk Alicia dan keluarga. Sebelum usia Alicia satu tahun, makanan untuk Alicia tidak pakai garam, gula dan penyedap. Jadi,  saya masak menu yang sama tapi sebelum dikasih tambahan garam dan gula, saya sudah memisahkan dulu makanan untuk Alicia di mangkok buat MPASI. Satu lagi,  jangan pedas. Jadi sayur tinggal diblender atau saring bareng nasi lalu masak lagi sebentar . Kalau untuk ikan,  misal ikan kembung/emas dibuat tim atau pepes dengan 2 versi,  satu pedas dan satu plain buat Alicia.  Atau sekalian masaknya tanpa cabe, dan buat orang rumah saya buatkan sambal.

Masak di penanak nasi serbaguna 

Awal MPASI, saya paling sering menggunakan penanak nasi serbaguna. Jadi masak nasi biasa, namun bagian tengahnya saya menempatkan mangkuk tahan stenlis kecil yang telah diisi dengan beras organik, ikan / ayam, protein nabati, sayuran serta bawang putih dan daun jeruk / daun salam, serta air.  Cara ini paling praktis, karena nasi dan bubur bisa matang secara bersamaan.

Pakai MPASI fortifikasi 

Kalau kepepet alias enggak ada waktu buat masak MPASI. Moms bisa kok, pakai MPASI fortifikasi atau MPASI  instan. Jangan takut untuk memberikan MPASI instan karena sudah aman tidak pakai pengawet. Moms hanya perlu menyeduh dengan air panas, atau dimasak sebentar.

Baca Juga : Resep Finger Food untuk Bayi

Beli bubur sehat. 

Sekarang sudah banyak yang jual bubur MPASI sehat berbagai rasa,  mulai dari jagung keju, ayam dll. Harga per porsi dari Rp5.000 - Rp10.000.  

Pemberian MPASI sangat penting. Apa pun pilihannya, MPASI HOMEMADE / MPASI INSTAN sama dengan mau ASI / SUFOR,  semua punya tujuan yang sama untuk memenuhi nutrisi si anak . Semua kembali ke pilihan Moms  karena cuma Moms yang tahu apa yang terbaik buat si buah hati. Semoga bisa menjadi pencerahan buat Moms. 

Baca Juga : Inspirasi Finger Food: Muffin Pisang Bayam