Sebagai working Moms, tentunya tidak punya banyak waktu dengan anak. Meski begitu, Moms tentunya tetap ingin memberikan yang terbaik, salah satu caranya dengan membuat makanan atau MPASI buatan sendiri. Bukankah yang instan lebih praktis? Benar, yang instan lebih praktis, tapi buat saya, MPASI homemade bisa jadi bounding juga biar anak tahu rasa masakan ibunya lah yang paling enak. Jadi anak akan terikat dengan makanan ibunya, bahkan anak akan ketagihan dan merasa  cuma makanan ibu yang paling enak. 

4 Tips Memilih Makanan Terbaik Pertama untuk MPASI

Lalu muncul pertanyaan kapan buatnya? Kan, berangkat kerja pagi pagi sekali? Berikut tip yang saya jalani selama masa MPASI: 

Stok untuk satu minggu

Belanja bahan Mpasi seminggu sekali,  jadi bahan untuk MPAS bisa stok 1 minggu dan untuk menu sudah ada daftarnya, jadi beli bahan sesuai menu dan per porsi.

Blansir sayuran 

Blansir adalah teknik memasak dengan cara merebus atau mengukus. Biar prosesnya lebih cepat caranya adalah  sayuran dicuci potong kecil kotak, lalu masukkan ke air mendidih sekitar  2 menit, lalu angkat,  masukkan ke air es.  Terakhir,  tiriskan dan masukkan ke dalam plastik.  Klip per porsi. 

Stok kaldu sapi/ayam 

Untuk kaldu,  Moms bisa membuat cukup banyak,  lalu masukkan ke dalam kantong ASIP dan bekukan. Jadi, kalau pagi  mau digunakan,  malam sebelumnya sudah dipindahkan ke chiller. 

Niat

Niat ini yang paling utama.  Walaupun bahan sudah ada,  tapi niat enggak ada,  ya blas pasti enggak masak. Sebisa mungkin tanamkan di pikiran bahwa anakku cuma makan masakanku jadi ada rasa tanggung jawab. 

Sedangkan untuk resep praktisnya, yuk disimak.

Bubur Salmon Brokoli 

Bahan:

- Salmon

- Brokoli 

- Nasi 

- Daun jeruk 

- Bawang merah

- Bawang putih 

- Kaldu jamur 

- Air secukupnya 

Cara membuat: 

Tumis bamer, baput,  dan daun jeruk sampai wangi. Lalu  masukkan salmon,  tambahkan air, beri  kaldu jamur. Cicipi rasanya, lalu tambahkan nasi, masak hingga matang. Saring bubur yang sudah jadi sebelum diberikan pada si Kecil.  Sesuaikan tekstur bubur dengan kemampuan makan anak,  lalu bagi per porsi makan. 

Bila ingin diberikan untuk makan siang/sore, bubur bisa dimasukkan ke chiller. Nah, saat waktunya makan, bubur bisa dipanaskan  di atas penanak nasi serbaguna. Bubur juga bisa ditambahkan LT Evoo / keju,  bebas ya Moms. Jangan lupa berdoa dulu. 

Note : untuk sayur/prohe bisa diganti sesuai stok tapi cara buatnya sama, pakai nasi biar hemat waktu masaknya dibandingkan dari beras langsung.

Mengenal Metode BLW

Pure buah 

Bahan :

- Buah naga 

- Alpukat, sesuai stok kulkas

Cara membuat: 

Potong buah kecil-kecil lalu saring atau blender. Bagi per porsi,  lalu simpan di lemari es buat snack siang. Kalau mau agak encer,  bisa tambah Asip/sufor. 

Karena saya working moms, untuk makan Alicia, saya memberikan menu yang sama dalam sehari, untuk sarapan sampai makan sore, kecuali akhir pekan karena saya punya lebih banyak waktu untuk masak. Alicia ini tipe yang suka gurih ketimbang manis, jadi menunya gurih- gurih semua biar lahap makannya.

Untuk snack sendiri,  saya membuat agak banyak,  dibuat per porsi juga,  jadi tidak tiap hari buat snack. Untuk snack, biasanya saya membuatnya saat akhir pekan dan dibuat frozen. Snack yang selalu tersedia di lemari es biasanya puding tinggi kalori, stik kentang frozen sebagai finger food,  dan nugget ayam sayur. Semoga membantu ya Moms. 

Baca Juga : Jenis Ikan untuk MPASI