Kutu rambut adalah masalah rambut yang bisa terjadi pada siapa saja, bahkan pada bayi Moms.  Memiliki kutu rambut tidak selalu berarti Moms sekeluarga jorok, tetapi kadang hanya sial saja ditumpangi makhluk mini yang membuat gatal tak tertahankan itu.

Baca Juga : Haruskah Rambut Bayi Dicukur Botak?

Kutu rambut sangat mudah menular karena jauhnya lompatan yang bisa kutu lakukan dari satu kepala ke kepala lainnya. Meski sekarang sudah banyak sampo yang bisa membasmi kutu rambut, tentunya Moms tidak ingin buru-buru menggunakan bahan kimia keras ke kulit kepala bayi. Nah, Moms bisa mencoba 3 cara alami mengatasi kutu rambut pada bayi berikut ini. 

Sisir Kutu 

Menggunakan sisir bergigi rapat yang biasa disebut sisir kutu, pada rambut yang basah mungkin adalah cara terkuno, tetapi paling efektif dalam membasmi si kutu rambut. Moms bisa mengoleskan kondisioner pada rambut bayi sebelum menyisir perlahan setiap jengkal rambut si bayi. Walaupun cara ini membutuhkan waktu yang lama dan kesabaran tingkat tinggi, tetapi baik kutu dan telurnya bisa terangkat dengan cara ini. 

Minyak Zaitun atau Almond 

Menggunakan minyak zaitun atau almond sebagai cara alami mengatasi kutu rambut pada bayi bisa dilakukan karena lengketnya kedua minyak tersebut membatasi pergerakan kutu, sehingga memudahkannya untuk tertangkap di sisir. Oleskan minyak secara merata di rambut dan kulit kepala anak, lalu sisir rambut anak perlahan. Setelah itu bilas rambut anak dengan sampo, ulangi kembali prosesnya. Lakukan selama seminggu, dan rutin sisir rambut anak setiap malamnya selama dua minggu berikutnya untuk memastikan kutunya tidak kembali. Jangan lupa sisirnya sering dicuci dengan air hangat mengalir ya, Moms.

Baca Juga : Manfaat Minyak Zaitun Pada Bayi, Bisa Redakan Batuk

Minyak Esensial 

Dalam sebuah studi pada tahun 2018, ditemukan bahwa minyak bunga lawang (anise oil) termasuk remedi yang efektif untuk mematikan kutu. Minyak bunga lawang dapat secara efektif membungkus dan mencekik kutu rambut. Selain minyak bunga lawang, minyak esensial lain yang dapat Moms coba adalah tea tree, lavender, neem, clove, red thyme, peppermint, dan minyak pala. Cara menggunakannya dengan mencampurkan 15-20 tetesnya dengan 60ml minyak zaitun atau kelapa. Oleskan hingga merata di kulit kepala dan setiap helai rambut, biarkan semalaman. Besoknya sisir menggunakan sisir kutu lalu bilas dengan sampo, ulangi lagi. 

Nah, jika moms sudah mencoba 3 cara alami mengatasi kutu rambut pada bayi di atas dan kutunya masih bandel, saatnya konsultasi ke dokter ya.

Baca Juga : Perawatan Bayi Baru Lahir