Tak terasa si Kecil sudah berusia 4 bulan, Moms. Ini adalah usia yang tepat untuk belajar dan mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Kegiatan dan metode yang benar akan meningkatkan perkembangan kognitif, emosional, dan fisik bayi.

Pada usia 4 bulan, setidaknya Moms akan menemukan empat kemampuan bayi, yaitu mengenali wajah dan ekspresi wajah, mengenali dan tertarik dengan corak warna cerah, berguling dan tengkurap, dan mulai mengoceh.

Baca Juga : Pilihan Mainan untuk Bayi 6Bulan

Saat bermain dan berada di sekitar bayi, sebaiknya perhatikan beberapa hal, yaitu hindari meletakkan benda tajam di sekitar bayi, menggunakan pakaian yang tidak membahayakan bayi.  Selalu memastikan bayi berada dalam pengawasan, dan menghindari mainan yang berisiko membuat bayi tersedak.

Baca Juga : Motorik Halus Bayi 0-6 Bulan

Berikut adalah 4 aktivitas yang baik bagi perkembangan bayi 4 bulan:

Membaca dan bonding

Membaca adalah aktivitas menyenangkan yang meningkatkan imajinasi dan kosa kata si Kecil. Tidak ada kata terlalu dini untuk membacakan si Kecil buku. Pilihlah buku yang banyak gambar ilustrasi,   buat si Kecil tertarik dan menyentuh buku. Saat bercerita, pasang wajah Moms seekspresif mungkin. Kegiatan ini dapat merangsang kemampuan kognitif bayi, walau rentang perhatiannya masih singkat. 

Berbicara dengan bayi

Berbicara dengan si Kecil yang mulai suka mengoceh adalah salah satu cara untuk membantunya mengenal kata-kata dan bahasa. Kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan motorik. Moms bisa sambil menyebut nama benda di sekitar, membuat suara hewan, atau kartun lucu, lakukan juga sambil menggelitik kaki atau perutnya.

Baca Juga : 4 Aktivitas Maksimalkan Kemampuan Motorik Anak

Eksplorasi

Moms dapat membiarkan bayi (tetap dalam pengawasan, ya) yang berusia 4 bulan bermain dengan berbagai mainan warna-warni untuk mengenalkannya dengan bermacam tekstur. Saat bayi menyentuh mainannya, ia juga akan mengenal akibat dari aksinya, misalnya bola menggelinding menjauh saat ia lemparkan. Kegiatan ini dapat mengoptimalkan perkembangan sensorik dan pemahaman akan sebab dan akibat. Jangan lupa berikan mainan yang cocok untuk usia 4 bulan ya, Moms.

Melatih mata bayi

Saat bayi mulai mengenal hal-hal baru di sekitarnya, ia akan menggunakan organ inderanya. Permainan ini dilakukan dengan memberikan mainan yang berisi glitter dan air, lalu diguncang-guncang, dan biarkan bayi memerhatikan gerakan glitter-nya. Kegiatan ini sangat cocok untuk mendorong bayi menggunakan indera proprioseptifnya, yaitu indera internal yang memberikan informasi tentang posisi anggota tubuh dan posisi/gerakan seseorang di lingkungannya.

“Olahraga” sederhana

Apakah Moms sering bermain dengan menggendong bayi yang mengangkatnya tinggi-tinggi? Aktivitas ini dapat melatih lengan dan kaki si Kecil. Moms bisa juga melatihnya dengan meletakkan mainan agak jauh dari jangkauannya agar ia bergerak meraihnya. Kegiatan ini dapat melatih kemampuan kognitif dan motorik bayi.