Penggunaan clodi (cloth diaper) sebagai pengganti pospak (popok sekali pakai) kian populer di kalangan Moms.Dengan menggunakan clodi, selain hemat biaya dan menurunkan risiko ruam popok, juga dapat mengurangi sampah yang berpotensi mencemari lingkungan. Untuk para Moms yang sedang mempelajari tentang clodi, di sini aku mau berbagi tentang tipe clodi.

Baca Juga:  Tips Memilih Popok untuk Newborn

Umumnya clodi terdiri dari tiga tipe, yaitu tipe pocket, cover dan All-in-one (AIO). 

Clodi tipe pocket 

Clodi yang memiliki kantong untuk dimasukkan insert (penyerap urin).  Clodi memiliki lapisan luar (outer) tahan air yang terbuat dari lapisan PUL. Lapisan inner umumnya terbuat dari microfleece, suede, bamboo charcoal atau bahan lain yang memiliki fungsi dan sifat stay dry/tetap kering. Jadi, untuk clodi tipe pocket, lapisan inner yang bersentuhan langsung dengan kulit, bukan insert, seperti pada clodi model cover. 

Kelebihan:  

Kekurangan: 

Clodi tipe cover

Clodi dengan desain hanya punya lapisan luar saja (outer) dengan penyerap urin yang diselipkan di kedua ujungnya, sehingga penyerap bersentuhan langsung dengan kulit. Penyerap urin pada clodi tipe cover disebut soaker.

Kelebihan

 Kekurangan: 

Baca Juga: Ruam Popok pada Bayi

Clodi tipe All-in-One 

Clodi dengan penyerap urin yang sudah menempel atau dijahit dengan lapisan luarnya. Tipe AIO ini persis dengan pospak. 

Kelebihan: 

Praktis 

Kekurangan: 

Lebih lambat kering saat dijemur karena lebih tebal. 

Nah ,sekarang Moms sudah lebih tahu berbagai tipe clodi. Keraguan yang terlintas pertama kali oleh ibu biasanya adalah tentang pencucian clodi. Apakah mudah dicuci? Apakah bekas pup bisa dicuci bersih, tidak meninggalkan kuman dan penyakit?

Menurut saya pribadi cara mencucinya mudah. Untuk pup yang menempel biasanya disemprot terlebih dahulu dengan air keran yang deras lalu menggunakan sabun batang yang memang lebih ampuh membersihkan noda. Setelah itu, baru saya cuci dengan detergen biasa. Inner clodi yang berwarna putih pun akan kembali menjadi putih lagi. 

Lalu keraguan berikutnya biasanya tentang kenyamanan anak. Apakah anaknya akan nyaman? Apakah tidak menimbulkan ruam? Menurut saya, clodi ini lebih aman daripada pampers sekali pakai. Penggunaan clodi yang sering diganti akan membuat kulit anak juga lebih nyaman, terhindar dari ruam. Jangan ragu lagi ya Moms untuk beralih ke clodi atau popok sekali pakai, semoga dapat bermanfaat.