Pernahkah Moms memerhatikan wajah si Kecil? Pipi tembemnya, mata yang berbinar, serta senyuman yang menggemaskan. Rasanya memerhatikannya lebih menarik daripada menonton film favorit. 

Moms dan bayi memang telah terprogram untuk menikmati kebersamaan satu sama lain. Jika Moms mengikuti naluri tersebut untuk memperkuat ikatan dengan bayi saat ini, Moms bisa menjalin hubungan baik dengan anak seumur hidup.

Dalam sebuah penelitian, bayi yang terikat erat dengan Moms pada usia 12 bulan, meningkatkan kemungkinan anak memiliki hubungan yang baik dengan pasangannya kelak. Menurut Jeff Simpson, Ph.D., asisten profesor psikologi di University of Minnesota, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan anak untuk mencintai, mempercayai, dan menyelesaikan konflik sebagian dipengaruhi oleh bagaimana Moms membentuk ikatan saat ia masih bayi. 

Mencintai bayi juga dapat menjaga kesehatannya. Penelitian di Psychological Science menunjukkan bahwa perhatian Moms kepada bayi dapat melindunginya dari stres kronis, yang dapat menyebabkan gangguan tidur, masalah pencernaan, gangguan memori, depresi, hingga obesitas.

Baca Juga: Ide Bonding Keluarga Seru dari Aktivitas Kimbab Family

Tanpa dianjurkan pun, menjalin ikatan dengan si Kecil itu intuitif dan menyenangkan. Menurut Daniel Messinger, Ph.D., profesor psikologi anak di University of Miami, memperkuat ikatan dengan bayi bukanlah tentang benar atau salah, tetapi bagaimana Moms mengasuhnya dan merespons emosi bayi dengan sensitif. Selama Moms dan bayi sama-sama bahagia dengan keberadaan satu sama lain, artinya Moms sedang memperkuat ikatan dengannya. 

Berikut adalah beberapa cara sederhana yang ternyata dapat memperkuat ikatan dengan bayi:

Menyusui bayi dan menatap matanya saat menyusui

Memberi ASI kepada bayi bukan hanya tentang nutrisi, melainkan juga memperkuat ikatan ibu-anak, saat bayi mendengar detak jantung Moms, mencium aroma tubuh Moms, serta kontak kulit secara langsung. Tatap juga mata si Kecil ketika menyusuinya, menjaga kontak mata akan membantu bayi mengingat siapa Moms dan apa arti Moms baginya.

Memijat bayi dengan pelan

Memijat bayi memberikan banyak manfaat, termasuk menghabiskan waktu berkualitas untuk memperkuat ikatan Moms dengannya, melalui sentuhan kulit secara langsung. Bayi juga akan merasa lebih rileks.

Baca Juga: Manfaat Pijat Pada Bayi, Bisa Redakan Nyeri Tumbuh Gigi

Melihat refleksi di cermin bersama-sama

Walau bayi belum memahami konsep refleksi, ia suka melihat wajah manusia dan cara ini dapat membuatnya lebih dekat dengan wajahnya dan Moms.

Tidur ketika bayi juga tidur

Ketika si Kecil sudah tidur pukul 7 malam, Moms bisa ikut tidur dengannya. Jangan merasa bersalah karena tidur terlalu awal. Jika Moms mendapat cukup istirahat, mood pun akan baik, dan bayi juga akan terawat dengan baik.

Melakukan hal manis untuk pasangan

Disadari atau tidak, bayi mampu memahami ikatan yang dimiliki orang tuanya. Maka, perkuat hubungan Moms dengan pasangan dengan melakukan hal manis yang sederhana, seperti membuat makan malam spesial atau meluangkan waktu untuk menonton film bersama, seperti masa-masa berpacaran dulu.

Membacakannya buku cerita

Membacakan buku cerita dengan menirukan suara tiap karakter bisa jadi salah satu quality time bagi bayi dan Moms juga, lho.

Baca Juga: Manfaat Membacakan Dongeng Sebelum Tidur

Mengajaknya berbicara

Terkadang Moms terlalu sibuk mengasuh bayi hingga merasa stres sendiri. Moms bisa bercerita pada si Kecil untuk menurunkan stres, bayi suka mendengar suara Moms. Moms pun dapat mencurahkan isi hati sehingga tidak perlu memendamnya. Dengan begitu, ikatan dengan bayi pun akan semakin kuat.