Di era yang serba digital seperti sekarang, belanja daring menjadi semacam kebutuhan dan gaya hidup baru bagi kebanyakan orang. Selain kepraktisan dalam berbelanja, efisiensi waktu dan tenaga juga menjadi alasan orang-orang berpaling dari transaksi konvensional ke transaksi online. 

Alasan lain yang tak kalah penting adalah kecenderungan harga yang relatif lebih murah dibandingkan harga di toko atau supermarket konvensional. Akan tetapi dibalik semua kelebihan itu, berbelanja daring juga dapat memicu pemborosan apabila kita tidak cermat dalam mengelola keuangan. Nah, berikut ini beberapa tip belanja online yang membuat Moms bisa belanja dengan lebih hemat dan cermat. 

Buat daftar belanja 

Setelah memisahkan antara keinginan dan kebutuhan, buat daftar belanja yang menjadi kebutuhan Moms. Dari daftar tersebut, urutkan lagi berdasarkan prioritas. Dahulukan kebutuhan pokok dan kebutuhan rumah tangga. Di marketplace, pilih satu toko yang memiliki barang lengkap dan menjual barang-barang kebutuhan. Beli hanya di 1-2 toko saja untuk menghemat ongkos kirim.

Baca Juga : Tips Aman Berbelanja Saat Pandemi

Tentukan anggaran

Saat belanja online, langsung menuju pencarian barang yang Moms butuhkan. Carilah toko yang memiliki harga termurah sehingga dapat menghemat bujet belanja. Pastikan toko memiliki rating dan pelayanan bagus yang bisa Moms lihat dari review pembeli sebelumnya. 

Manfaatkan promo dan potongan ongkos kirim 

Sebelum menentukan akan belanja di mana, sebaiknya Moms mencaritahu dulu mengenai promo terkini yang sedang berlangsung di online shop atau beberapa marketplace. Moms bisa langsung menuju marketplace tertentu untuk mengetahui promo yang sedang berlangsung. Beberapa marketplace sering diskon saat tanggal kembar, misal 6.6 (6 Juni) atau 7.7 (7 Juli). Saat tanggal tersebut, biasanya ada promo gratis ongkos kirim yang dapat menghemat belanja Moms. 

Memanfaatkan promo bank atau dompet digital  

Selain promo internal seperti promo tanggal kembar, manfaatkan promo eksternal seperti promo bank atau promo dompet digital. Biasanya dua promo ini bekerjasama dengan marketplace besar untuk memberikan pelanggan cashback tambahan jika pelanggan menggunakan bank atau dompet digital tertentu sebagai alat bayar. Jangan sia-siakan promo tambahan ini. Terlebih jika Moms memang pengguna bank atau dompet digital yang sedang memberikan promo tambahan tersebut. Cashback yang diberikan biasanya mulai dari 10%-50% dari total belanja Moms  dengan maksimal cashback Rp 10.000 hingga Rp 30.000. 

Bandingkan harga

Membandingkan harga di beberapa e-commerce memang menghabiskan waktu ekstra. Tapi, dengan begitu Moms bisa mendapat harga terbaik. Karena saat ini toko online saling berlomba-lomba memberikan harga yang termurah dengan produk kualitas terbaik.Dengan cara itu, Moms bisa mencari serta membandingkan harga dengan cepat dan mudah. Moms tak perlu bingung, tinggal pilih saja 3-4 e-commerce ternama di Indonesia, lalu searching nama produk yang Moms inginkan dan bandingkan harganya. Memang sedikit menguras waktu, tapi Moms  bisa lebih untung jika mendapat harga yang perbedaanya cukup jauh alias lebih murah. 

Itulah 5 tip hemat berbelanja online. Selain itu Moms juga harus memperhatikan rating seller, dan ulasan produk dari pembeli agar Moms mendapatkan produk yang sesuai dengan keinginan. Tetap jaga kesehatan ya Moms.

Baca Juga : Aplikasi Penyelamat untuk Belanja Sayur