Survei menunjukkan bahwa antara 46% dan 61% orang langsung memeriksa handphone begitu bangun, entah itu mengecek pesan Whatsapp, Instagram, email, atau sekadar melihat perkiraan cuaca hari itu. Namun, tahukah Moms,  apa efek kebiasaan sederhana, mengecek handphone saat bangun tidur tersebut berpengaruh pada otak, tubuh, hingga mindset Moms di hari itu?

Umumnya orang yang memeriksa handphone di pagi hari untuk mengetahui pesan yang mungkin terlewat di malam hari. Namun, dengan melakukan ini, artinya Moms juga menyiapkan diri untuk hari yang penuh stres.

Baca Juga : Lakukan Kebiasaan Ini di Pagi Hari Agar Diet Berhasil

Walau hanya scrolling media sosial, informasi di dalamnya yang terjadi dengan cepat, juga membuat Moms mengetahui “berita”. Jika berita ini merupakan berita buruk, juga dapat memengaruhi emosi Moms selama seharian. 

Baca Juga : Awas Bahaya Cahaya Biru dari Gadget Bagi Kulit!

Meningkatkan kecemasan 

Jika hal pertama yang Moms lakukan setelah bangun, bahkan belum turun dari tempat tidur, adalah meraih handphone, hal ini dapat mengganggu ketenangan pikiran Moms bahkan sebelum Moms memulai hari. Ketika Moms memulai hari dengan menggulirkan semua yang dilewatkan kemarin, juga apa yang perlu dilakukan hari ini, dapat memicu stres dan kecemasan. Berita tidak menyenangkan yang tidak sengaja Moms lihat saat scrolling media sosial dapat memengaruhi respons emosional terkait stres.  Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “Anxiety, Stress, and Coping” pada 2001 menemukan bahwa paparan media berita memicu kecemasan dan pesimisme. Bahkan, postingan Instagram teman yang sedang traveling juga dapat membuat Moms lelah bahkan sebelum memulai hari. 

Cenderung mengambil keputusan yang kurang baik

Mengecek media sosial terus-menerus bisa jadi merupakan perasaan FOMO atau feeling of missing out, di mana Moms merasa takut ketinggalan info terkini. Jika Moms bangun dengan perasaan ini, Moms cenderung membuat pilihan, terutama makanan yang tidak sehat.

Ketidakmampuan dalam membuat prioritas

Berkat banyaknya informasi yang Moms ketahui segera setelah bangun tidur, otak menjadi bingung. Akibatnya, alih-alih berfokus pada apa yang mendesak dan perlu dilakukan segera, Moms malah berfokus pada handphone, seperti membalas chat dan e-mail. Akibatnya, produktivitas dan perhatian terbagi.

Waktu 20 menit setelah bangun tidur merupakan waktu yang penting karena menentukan kesuksesan Moms hari itu. Maka, alih-alih meraih ponsel di pagi hari, dedikasikan waktu Moms untuk aktivitas lain, seperti ibadah atau meditasi, dilanjutkan dengan minum segelas air hangat, menghabiskan waktu bersama keluarga, atau menyeduh secangkir teh atau kopi. Aktivitas ini dapat menyiapkan suasana hati Moms selama seharian, Moms juga cenderung lebih tenang dan mampu menguasai diri.

Baca Juga : Manfaat Meditasi Saat Pandemi