Kebiasaan sehat sebaiknya dilakukan sejak mengawali hari di pagi hari. Orang yang bangun dan beraktivitas sejak pagi tidak hanya lebih bahagia, menurut penelitian pada Juni 2012, mereka juga berpotensi hidup lebih lama. Bahkan, menurut studi lain pada April 2018, orang yang bangun pagi juga memiliki tubuh yang lebih ideal.

Menurut Roger Adams, PhD, pendiri Eat Right Fitness yang berbasis di Houston, cukup dengan bangun pagi dan merencanakan hari bikin Moms lebih produktif dan proaktif yang dapat menyukseskan diet Moms.

Diet bukan berarti menurunkan berat badan, melainkan juga mengatur pola makan, diimbangi dengan olahraga, untuk menjaga kesehatan tubuh sekaligus mengontrol berat badan sesuai Body Mass Index (BMI).

Baca Juga : DASH Diet, Solusi Turunkan Tekanan Darah

Berikut adalah kebiasaan sederhana di pagi hari yang bermanfaat bagi kesehatan:

Mengonsumsi sarapan protein tinggi

Sarapan merupakan makan yang paling penting dalam sehari. Apa yang Moms makan untuk sarapan dapat menentukan jalannya hari dan memperbaiki mood. Sarapan berprotein tinggi dapat membantu mengurangi rasa lapar dan membantu menurunkan berat badan karena Moms cenderung tidak ingin makan snack lain setelah sarapan. Protein juga dapat membantu penurunan berat badan dengan menurunkan kadar ghrelin atau “hormon kelaparan” yang bertanggung jawab untuk meningkatkan nafsu makan. Menu sarapan berprotein tinggi, misalnya telur, Greek yogurt, keju cottage, kacang-kacangan dan biji chia.

Minum air putih

Memulai pagi dengan satu atau dua gelas air adalah cara mudah untuk meningkatkan penurunan berat badan. Air dapat membantu meningkatkan jumlah kalori yang dibakar tubuh, Moms. Terlebih lagi, minum air putih dapat mengurangi nafsu makan yang berlebih. Lebih penting lagi, air putih akan menjaga tubuh Moms tetap terhidrasi. 

Mendapatkan paparan sinar matahari

Membuka tirai untuk membiarkan sinar matahari masuk atau menghabiskan beberapa menit di halaman setiap pagi dapat membantu berat badan turun. Paparan sinar matahari juga sumber terbaik untuk memenuhi kebutuhan vitamin D Moms. Beberapa penelitian menemukan bahwa memenuhi kebutuhan vitamin D dapat membantu menurunkan berat badan, bahkan mencegah penambahan berat badan. Jumlah paparan sinar matahari yang Moms butuhkan bervariasi berdasarkan jenis kulit, musim, dan lokasi. Namun setidaknya terpapar matahari pagi selama 10 – 15 menit akan memberikan dampak positif bagi kesehatan.

Mempraktikkan mindfulness

Mindfulness adalah memusatkan perhatian pada saat ini dan menghayati pikiran dan perasaan. Untuk mempraktikkan mindfulness, Moms dapat mencoba meluangkan waktu lima menit setiap pagi untuk duduk dengan nyaman di tempat yang tenang agar dapat terhubung dengan indera Moms. Manfaat mindfulness untuk meredakan stres, meningkatkan daya ingat, meningkatkan fokus, dan mengarah pada kepuasan hubungan, serta menurunkan berat badan.

Melakukan latihan fisik

Melakukan beberapa aktivitas fisik di pagi hari dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan, sebab berolahraga di pagi hari dapat mempertahankan rasa kenyang dan menurunkan risiko Moms ngemil. Selain itu, berolahraga di pagi hari juga dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil sepanjang hari. Salah satu tanda tubuh Moms kurang asupan gula adalah merasa lapar yang berlebihan.

Tidur 

Tidak kalah penting dalam menjaga kesehatan dan menurunkan berat badan adalah tidur yang cukup, Moms. Menurut sebuah penelitian pada Februari 2019 yang dipublikasikan di Current Biology, kekurangan tidur erat kaitannya dengan kecenderungan ngemil setelah makan malam yang berujung pada penambahan berat badan. Sehingga, bangun terlalu pagi untuk memulai hari dapat mengurangi jam tidur yang berharga. Jadi, tetap pastikan waktu tidur Moms cukup ya. 

Baca Juga : Tips Memperbaiki Pola Tidur untuk Kesuburan