Sebenarnya, membersihkan rumah bukan hanya untuk menjaga kebersihan dan kerapihan rumah lho, Moms. Ada beberapa manfaat lain dari rumah yang bersih dan rapi, salah satunya dapat membuat kesehatan dan suasana hati penghuninya juga baik. 

Baca Juga : Hilangkan Stres dengan Bersih-bersih

Kegiatan bersih-bersih dan beres-beres rumah sebaiknya dijadwalkan secara rutin, karena dapat mengurangi stres, menjaga “usia” rumah, membuat kebiasaan baik, hingga memudahkan Moms dan keluarga menemukan benda tertentu pada tempatnya.

Namun, tidak semua tugas rumah tangga harus dikerjakan tiap hari, misalnya mengepel lantai yang bisa dilakukan tiga hari hingga seminggu sekali. Setidaknya, Moms dapat memfokuskan diri untuk membersihkan peralatan rumah berikut yang harus dibersihkan tiap hari:

Lap tangan

Walau tidak terlihat kotor, lap tangan termasuk peralatan rumah tangga yang paling rentan terkontaminasi, menurut penelitian yang didanai Kementerian Pertanian Amerika Serikat. Begitu pula handuk kecil di kamar mandi, Moms. Menurut Carolyn Forte, direktur Lab Pembersih di Good Housekeeping Institute lap tangan lebih mudah kotor karena digunakan lebih dari sekali tiap harinya. Maka dari itu, sebaiknya ganti lap tangan tiap beberapa hari sekali, atau bahkan setiap hari, jika keluarga terdiri dari banyak orang.

Meja dapur

Jika ditelusuri, benda dan barang yang Moms letakkan di meja dapur, mulai dari belanjaan, dompet, hingga kunci mobil, hingga remah-remah bekas memasak yang membandel, membuat meja tersebut sebenarnya lebih kotor dari yang Moms bayangkan. Inilah mengapa Moms harus membersihkan dan mendesinfeksi meja dapur (juga meja makan) setiap hari. Menurut Michaelle Exhume, analis produk pembersih di Good Housekeeping Institute, pastikan Moms tidak menggunakan alat pembersih, seperti spons atau kain yang sama digunakan untuk membersihkan permukaan lain, karena meningkatkan risiko kontaminasi silang.

Tembok kamar mandi

Untuk menghilangkan noda jamur dan bekas sabun di tembok kamar mandi, cara termudahnya adalah dengan pembersihan rutin. Agar tidak terlalu membebankan, Moms dapat mengerjakan saat Moms mandi.

Baca Juga : Tip Membersihkan Kamar Mandi Saat Pandemi

Semua wastafel di rumah

Tiap Moms menggunakan wastafel, terutama yang digunakan untuk cuci piring, akan selalu meninggalkan kotoran dan bakteri yang menempel di dinding-dinding wastafel. Jika dibiarkan berlama-lama, kotoran bisa mengerak. Maka, bersihkan secara rutin tiap hari, termasuk saluran pembuangan yang sering tersumbat sisa-sisa makanan. Kotoran akan lebih mudah terangkat jika Moms membasuhnya dengan air hangat dan cairan pembersih, lalu biarkan selama lima menit, bilas dan biarkan kering.

Baca Juga : Garam, Si Serbaguna untuk Bersihkan Rumah

Piring kotor

Piring kotor yang menumpuk di wastafel cuci piring adalah salah satu komponen penting dalam menjaga kebersihan dan kerapihan rumah, Moms. Jika dibiarkan semalam saja, sisa makanan di piring dapat mengundang serangga, seperti kecoak, datang. Selain itu, kotorannya juga semakin membandel.