Cokelat adalah salah satu penganan favorit banyak orang. Terdapat 3 jenis cokelat yang biasa dijual di pasaran, yaitu dark chocolate, milk chocolate, dan white chocolate. Di antara ketiga jenis  cokelat tersebut, dark chocolate dianggap memiliki manfaat lebih banyak bagi kesehatan. 

Baca Juga: Manisnya Air Tebu Semanis Manfaatnya

Dark chocolate tidak menggunakan susu dalam pengolahannya, sedangkan milk chocolate menggunakan susu.  Sementara white chocolate tidak menggunakan kakao masak. Kakao masak merupakan biji kakao. 

Kandungannya pun sedikit berbeda, white chocolate mengandung 80 kalori, sedikit lebih banyak dari dark dan milk chocolate, yaitu 70 kalori. Persamaannya, ketiga cokelat ini setidaknya mengandung 1 gram protein, 8 - 9 gram gula, dan 4,5 gram lemak jenuh.

Dark chocolate merupakan jenis yang paling banyak manfaatnya bagi kesehatan dibanding kedua temannya, milk chocolate dan white chocolate. Dark chocolate adalah salah satu sumber antioksidan terbaik, sehingga dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Resep Es Krim Cokelat/Mangga/Strawberry Sederhana

Sebuah penelitian Antioxidants and Redox Signaling menemukan bahwa antioksidan dalam dark chocolate dapat mengurangi radang, melindungi kulit, dan meningkatkan fungsi kognitif, memperbaiki mood. 

Berikut manfaat dark chocolate bagi kesehatan.

Kaya nutrisi

Dark chocolate yang berkualitas kaya akan serat, zat besi, magnesium, copper/zat tembaga, mangan dan beberapa mineral lainnya, Moms. Namun sebaiknya tetap konsumsi dark chocolate dengan porsi kecil hingga sedang ya, Moms, karena dark chocolate juga mengandung 600 kalori dan gula dalam jumlah sedang.

Sumber antioksidan

Biji kakao mentah yang belum diolah adalah salah satu makanan yang teruji mengandung antioksidan dengan jumlah cukup tinggi. Sementara dark chocolate yang terbuat dari biji kakao tersebut juga mengandung senyawa organik yang aktif secara biologis dan berfungsi sebagai antioksidan, termasuk polifenol, flavanol, dan katekin. Antioksidan berfungsi untuk melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Melindungi kulit dari sinar matahari

Senyawa bioaktif dalam dark chocolate juga bermanfaat bagi kulit. Flavonol dapat melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari, meningkatkan aliran darah ke kulit dan meningkatkan kepadatan dan hidrasi kulit.

Baca Juga: Awas Bahaya Cahaya Biru dari Gadget Bagi Kulit!

Menurunkan risiko penyakit jantung

Senyawa dalam dark chocolate dapat melindungi dari oksidasi LDL atau kolesterol jahat. Dalam jangka panjang, hal ini menyebabkan lebih sedikit kolesterol yang tersimpan di arteri, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung

Menurunkan tekanan darah

Flavanol dalam dark chocolate dapat merangsang endotel, lapisan arteri, untuk menghasilkan oksida nitrat (NO), yang berfungsi salah satunya untuk mengirim sinyal ke arteri agar rileks, sehingga menurunkan resistensi terhadap aliran darah, dan menurunkan tekanan darah.

Walau begitu, fungsi ini masih perlu dikaji lebih lanjut, Moms.