Selain diolah menjadi gula, air tebu juga sering dikonsumsi secara langsung. Tak hanya manis, air tebu juga memiliki manfaat bagi kesehatan, Moms. 

Es air tebu cocok untuk cuaca panas. Selain menyegarkan, es air tebu juga tidak mengandung lemak dan merupakan 100 persen minuman alami.

Tebu adalah rumput tropis yang dibudidayakan di seluruh dunia untuk menghasilkan gula rafinasi, sari tebu, dan produk obat untuk berbagai penyakit. Banyak jenis produk gula yang Moms kenal terbuat dari tebu, yaitu gula pasir halus, gula merah, gula tetes tebu (molase), dan jaggery (gula gur).

Air tebu adalah salah satu bentuk tebu yang paling murni dan memiliki jumlah vitamin dan mineral alami tanaman yang paling tinggi dibandingkan produk tebu lainnya.

Baca Juga: Hilangkan Jerawat dengan Air Kelapa

Air tebu murni telah digunakan dalam pengobatan penyakit selama bertahun-tahun, misalnya untuk hemorrhage (pendarahan dari pembuluh darah yang rusak, baik di dalam maupun di luar tubuh), peradangan, penyakit kuning (masalah hati yang menyebabkan kulit dan bagian putih mata menguning), dan masalah saluran kemih.

Satu porsi air tebu tanpa aditif (240 ml) setidaknya mengandung 250 kalori dan 30 gram gula alami. Air tebu tidak mengandung lemak, kolesterol, serat dan protein, tetapi mengandung natrium, kalium, kalsium, magnesium dan zat besi. 

Berikut adalah manfaat air tebu bagi tubuh.

Menambah energi dengan instan

Inilah salah satu alasan es tebu dijual di kios pinggir jalan. Meminum air tebu adalah salah satu cara untuk menambah energi dan memastikan Moms tidak mengalami dehidrasi. Gula sederhana yang terkandung dalam air tebu mudah diserap oleh tubuh dan digunakan untuk mengisi kembali kadar gula yang kurang.

Meningkatkan fungsi hati

Air tebu dianggap sebagai salah satu perawatan alami terbaik untuk penyakit terkait hati seperti penyakit kuning. Air tebu yang bersifat basa membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

Baca Juga: Hati-hati, Ini Efek Samping Terlalu Banyak Konsumsi Madu

Membantu tubuh mencegah kanker

Konsentrasi kalsium, magnesium, kalium, besi, dan mangan yang tinggi membuat air tebu bersifat basa. Nutrisi tersebut, ditambah dengan kandungan flavonoid membantu tubuh mencegah sel-sel kanker, terutama prostat dan kanker payudara.

Melancarkan sistem pencernaan

Jika Moms mengalami gangguan pencernaan, bisa mencoba mengonsumsi air tebu. Kalium dalam air tebu menyeimbangkan kadar pH di perut, melancarkan sekresi cairan pencernaan dan menjaga kesehatan pencernaan secara keseluruhan. Air tebu juga berfungsi membantu mencegah infeksi perut.

Baca Juga: Redakan Diare Bayi dengan Air Tajin

Menjaga kesehatan ginjal

Air tebu yang merupakan makanan alami rendah kolesterol, rendah natrium, dan tidak mengandung lemak jenuh, dapat membantu menjaga kesehatan ginjal, Moms.

Walaupun gula yang terkandung dalam air tebu bersifat alami, namun perlu Moms ingat bahwa pada gula tetaplah gula. Maka konsumsi minuman ini dalam jumlah sedang dan tidak berlebihan agar manfaatnya Moms rasakan.