Ikan salmon terkenal akan kandungan omega-3-nya. Namun omega-3 ini tak hanya bersumber dari ikan salmon yang cukup mahal dan sulit didapat, tetapi juga bisa dari ikan kembung yang bisa Moms beli dari tukang sayur langganan.

Salmon dan kembung sama-sama menyediakan asam lemak omega-3 dalam jumlah yang signifikan, juga vitamin D. Menurut Dr. Bruce Holub, B.Sc., Ph.D., dari DHA/EPA Omega-3 Institute, salmon memang sedikit lebih unggul. 

Walau begitu, keunggulan ikan salmon tidak membuat ikan kembung kalah. Ikan kembung adalah pilihan yang tepat karena kaya akan asam lemak omega-3, mengandung banyak vitamin dan mineral penting. Ditambah harganya yang lebih ekonomis dan mudah didapat. Singkatnya, ikan berminyak ini adalah salah satu makanan laut lokal yang bermanfaat bagi kesehatan, Moms.

Mari kenali ikan kembung dan manfaatnya bagi kesehatan!

Sumber penting asam lemak omega-3

Berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasi di Nutritional Journal pada 2014, kebanyakan orang dewasa yang tidak tinggal di Asia Timur dan Skandinavia belum mendapatkan nutrisi omega-3 yang cukup. Asam lemak omega-3 memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, serta memiliki mekanisme anti-inflamasi di dalam tubuh. Menambah asupan omega-3 dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular, Moms.

Kabar baiknya, ikan kembung kaya akan omega-3, setidaknya per 100 gram ikan kembung setara dengan 2.670 mg omega-3.

Baca Juga: Sumber Omega 3 Alami

Mengandung vitamin B12

Vitamin B12 adalah salah satu nutrisi terpenting untuk kesehatan, termasuk untuk sistem kekebalan dan saraf, serta berperan dalam memproduksi DNA. Kekurangan vitamin B12 berpotensi menyebabkan anemia dan merusak sistem saraf. Maka penting untuk memastikan asupan vitamin B12 yang cukup.

Ikan kembung mengandung sejumlah besar vitamin esensial ini, dan fillet ikan kembung matang setidaknya mengandung 279% RDI (asupan referensi diet) untuk vitamin B12.

Baca Juga: Tanda Anak Kekurangan Vitamin dan Nutrisi, Simak!

Kaya akan protein

Setidaknya dalam satu fillet ikan kembung mengandung 20,8 gram protein. Selain itu, ikan kembung adalah sumber protein yang lengkap, artinya ikan ini mengandung kesembilan asam amino esensial dalam jumlah yang cukup. Moms mendapatkan protein berkualitas tinggi sekaligus asam lemak omega-3 yang bermanfaat besar bagi kesehatan dari mengonsumsi ikan kembung.

Sumber selenium

Manfaat kesehatan lain dari ikan kembung adalah kandungan seleniumnya. Setidaknya di dalam satu fillet kecil ikan kembung terdapat 71% dari asupan kebutuhan selenium yang direkomendasikan. 

Selenium adalah mineral esensial yang memiliki banyak fungsi penting dalam tubuh, seperti  fungsi antioksidan, sistem kekebalan tubuh, produksi DNA, mengatur hormon tiroid dan kesehatan tiroid secara keseluruhan.

Meningkatkan fungsi kognitif

Secara umum konsumsi ikan laut direkomendasikan untuk meningkatkan kecerdasan otak. Menurut penelitian, peningkatan kognitif dari makan ikan ini berasal dari asam lemak omega-3 docosahexaenoic acid (DHA) yang terkandung dalam ikan kembung.

Baca Juga: Tahap Perkembangan Otak Bayi, Apa Saja yang Harus Diperhatikan