Pandemi COVID-19 telah memengaruhi kehidupan anak-anak kita dalam banyak aspek, termasuk aspek kehidupan sosial anak, Moms. Anjuran diam di rumah, pembatasan interaksi secara langsung,  dan penerapan sekolah/belajar secara daring,  berisiko membuat anak kesulitan dalam bersosialisasi. 

Sebagai orang tua, perubahan kebiasaan yang dramatis selama pandemi ini tentunya membuat Moms khawatir. Anak butuh bermain dengan teman sebaya karena dengan cara itulah anak belajar tentang banyak hal. Bersosialisasi juga sangat penting untuk perkembangan si Kecil, Moms. 

Baca Juga: 4 Kegiatan Seru Ayah dan Balita Selama Pandemi

Sampai situasi kembali normal, ada beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk membantu si Kecil tetap menjalin hubungan dan interaksi sosial dengan teman-temannya di masa pandemi ini.

Dukung kesehatan mental

Tiap anak memiliki cara masing-masing dalam bersosialisasi atau berkawan, apa pun itu, menurut penelitian University of Florida, persahabatan sangat penting untuk perkembangan anak-anak, salah satunya jika anak yang tidak membentuk ikatan sosial dengan temannya berisiko mengalami masalah kesehatan mental di kemudian hari.

Pertemanan mengajarkan keterampilan sosial yang penting, seperti kerja sama, aktif mendengarkan, dan keterampilan memecahkan masalah. Bahkan dapat membantu anak sukses pada aspek akademis.

Tantangan pun muncul sejak pandemi setahun belakangan, sekolah dilakukan secara daring, tempat bermain ditutup, membuat anak kehilangan kesempatan untuk mengasah kemampuan sosialnya. Anak yang lebih besar mungkin mampu menggunakan teknologi untuk terhubung dengan teman-teman, tetapi banyak anak yang lebih kecil belum pernah mengobrol melalui video dengan teman bermainnya.

Sosialisasi virtual

Sembari tetap memprioritaskan keselamatan si Kecil, pertemuan virtual menjadi pilihan terbaik untuk membantu anak bersosialisasi di masa pandemi. Berikut beberapa hal yang bisa Moms lakukan.

Jika biasanya si Kecil bisa menggambar bersama atau bermain mobil-mobilan bersama, sementara ini kegiatan-kegiatan bermain dilakukan secara virtual. Mungkin perlu sedikit waktu untuk membiasakan anak menggunakan fitur video call, dan anak yang masih kecil mungkin membutuhkan Moms untuk membantunya. 

Baca Juga: Tip Merayakan Ulang Tahun Selama Pandemi Agar Tetap Seru

Beberapa anak lebih senang mengobrol dengan teman melalui video call, beberapa anak lain lebih senang melakukan kegiatan bersama-sama, Moms bisa menyiapkan buku gambar dan krayon agar anak bisa menggambar bersama temannya. Bantu juga si Kecil menggerakkan kamera untuk memperlihatkan mainannya.

Jika si Kecil suka menonton film, kegiatan ini bisa jadi pilihan. Banyak platform streaming film legal yang memungkinkan penonton untuk streaming dengan orang lain dan melakukan obrolan langsung.

Moms juga dapat melakukan berbagi layar di aplikasi video call, yaitu satu orang masuk ke layanan streaming film, lalu menggunakan opsi berbagi layar agar yang lain bisa melihatnya. Cara ini banyak digunakan orang untuk menonton film bersama-sama. Tak lupa siapkan camilan untuk si Kecil ya, Moms.

Baca Juga: Pilihan Film Kartun Selama Pandemi

Video game selama ini memiliki reputasi buruk, karena bisa membuat anak ketagihan, atau beberapa konten yang dianggap mengkhawatirkan, namun di sisi lain bermain game bisa jadi cara bagi anak-anak untuk bersosialisasi.

Namun tetap pastikan anak hanya terhubung dengan teman-temannya, bukan dengan orang asing, serta pastikan video game yang dimainkan sesuai dengan usianya.