Apakah Moms pernah mendengar istilah “read aloud”? Read aloud atau membaca nyaring adalah istilah yang dipopulerkan oleh Jim Trelease dalam bukunya yang berjudul “The Read Aloud Handbook”. Dalam buku yang pertama kali dicetak pada tahun 1979 tersebut, Jim Trelease mengajak para orangtua untuk aktif membacakan buku pada anak, bahkan sejak anak masih di dalam kandungan. 

Jim Trelease ini adalah seorang guru, seniman, dan pustakawan yang banyak bergerak di dunia edukasi dan literasi. Beliau sangat getol mengampanyekan pentingnya membangun kebiasaan membaca sejak dini melalui “read aloud”. 

Pertama kali mengenal “read aloud” ini mungkin Moms akan bertanya-bertanya, mengapa Jim Trelease sangat menekankan pentingnya membacakan buku pada anak ketimbang mengajarkan anak membaca terlebih dahulu? Hal ini karena ternyata membacakan buku secara nyaring pada anak punya banyak manfaat baik bagi perkembangan anak, Moms. Apa saja manfaat “read aloud”? Mari kita simak bersama. 

Membangun pondasi penting untuk keterampilan membaca 

Dalam bukunya, Trelease menyampaikan tentang sebuah penelitian yang dilakukan oleh Departemen Pendidikan Amerika, yang menemukan fakta bahwa satu-satunya kegiatan terpenting guna membangun pengetahuan yang dibutuhkan untuk sukses membaca adalah dengan membacakan nyaring pada anak-anak. 

Kok bisa? Hal ini karena ketika membacakan buku secara nyaring pada anak yang belum bisa membaca, kita mengirimkan informasi melalui telinga anak yang akan menjadi pondasi dalam otak anak. Jadi ketika dia nanti bisa membaca sendiri dia memahami kata-kata yang nampak oleh matanya. Jikalau anak hanya diajarkan mengeja saja, tidak heran banyak anak yang hanya bisa membaca kata yang nampak di depan matanya, tetapi tidak mengerti isi bacaannya. 

Baca Juga : Rekomendasi Jenis Buku untuk Bayi

Menanamkan kegemaran membaca 

Tentunya kita tahu betapa rendahnya minat baca di negara kita tercinta ini. Nah, dengan rajin membacakan secara nyaring pada anak, kita secara tidak langsung menanamkan kegemaran membaca pada anak. Kita menunjukkan padanya teladan gemar membaca. Mengenal “read aloud” akan membuat anak merasakan bahwa membaca itu menyenangkan. Jika anak telah menemukan kesenangan saat membaca, dia akan jadi seorang penikmat literasi. 

Menambah kosakata 

Terutama untuk anak usia dini, membaca nyaring akan sangat berdampak pada jumlah kosakata yang dia pahami. Semakin banyak kosakata yang anak pahami akan semakin baik pemahamannya saat mencerna informasi. Masih banyak lagi manfaat “read aloud” yang ditemukan dalam berbagai penelitian yang disebutkan dalam buku “The Read Aloud Handbook”. Moms bisa membaca bukunya untuk mengenal “read aloud” lebih lanjut lagi. 

Baca Juga : Manfaat Membacakan Dongeng Sebelum Tidur