Hari Ayah Nasional yang diperingati tiap 12 November adalah momen untuk mengapresiasi para ayah dan figur ayah, serta kontribusinya terhadap pengasuhan anak, Moms. 

Baca Juga : Aktivitas Bonding Ayah dan Putrinya

Sosok Moms dan ayah sama pentingnya dalam pengasuhan dan perawatan anak. Bahkan, ada penelitian yang mengkaji pengaruh figur ayah terhadap tumbuh kembang anak.  Misalnya anak akan cenderung memiliki pekerjaan bergaji tinggi, memiliki hubungan yang sehat dan emosi yang stabil saat dewasa jika mendapat pola asuh yang baik dari ayah. 

Baca Juga : Begini Cara Mendekatkan Hubungan Ayah dengan Anak

Lebih jelasnya, berikut adalah peran ayah dalam perkembangan anak:

Meningkatkan kemampuan intelektual anak

Ayah mungkin sering bertingkah konyol, tetapi ayah yang aktif dapat membantu meningkatkan kecerdasan emosional dan kemampuan memecahkan masalah anak. Studi menunjukkan bahwa ayah yang aktif dalam pengasuhan dan perawatan si Kecil selama setahun pertama kehidupannya, cenderung meningkatkan perkembangan kognitif, rasa ingin tahu, dan eksplorasi anak. Anak yang dibesarkan oleh ayah yang aktif juga kemungkinan besar mendapat nilai lebih tinggi pada tes verbal dan matematika.

Meningkatkan rasa percaya diri

Dukungan emosional yang diberikan ayah pada anak adalah hal yang sangat penting, Moms. Anak yang merasa dipahami dan dicintai oleh orangtua, termasuk ayah yang suportif cenderung tumbuh sebagai anak dengan rasa percaya diri tinggi dan lebih bahagia. Selain itu, anak juga akan memiliki toleransi yang lebih tinggi terhadap tekanan stress atau frustasi, lebih berani menghadapi lingkungan baru, mampu menghadapi tekanan teman sebaya, dan mampu membela diri.

Sosok yang dijadikan panutan

Ayah yang baik dapat menjadi teladan bagi anak, sehingga membuat anak berkepribadian baik. Anak-anak yang memiliki hubungan baik dengan ayahnya cenderung memiliki masalah perilaku dan kontrol yang lebih rendah, rentang perhatian yang lebih lama, dan kemampuan sosialisasi yang lebih baik. Mereka juga lebih penyayang dan murah hati, serta peka terhadap kebutuhan dan hak orang lain.

Baca Juga : Calon Ayah Juga Bisa Mengalami Morning Sickness

Memberikan perspektif lain pada anak

Anak secara alami memiliki banyak pertanyaan di dalam benaknya, orangtua memiliki pendekatan yang berbeda untuk menjawab pertanyaan tersebut. Perbedaan ini menunjukkan pada anak bahwa terdapat banyak cara untuk menjawab dan memecahkan masalah. Ayah yang aktif berkesempatan untuk membagikan pengalaman hidupnya dan mengajarkan anak nilai-nilai kehidupan.

Merasa dicintai

Merasa dicintai adalah hal yang penting bagi anak, Moms. Anak membutuhkan cinta dan kasih sayang dari kedua orangtuanya, termasuk ayah, agar ia dapat tumbuh dengan sehat dan bahagia.

Inilah saatnya bagi orangtua, khususnya ayah, untuk memperbaiki diri agar menjadi ayah yang baik sehingga anak dapat tumbuh dengan kognitif, emosi, mental, dan sosial yang optimal. Misalnya dimulai dengan membentuk hubungan yang positif dengan pasangan, menghabiskan waktu khusus untuk anak, dan memahami ketertarikan, perhatian, kebutuhan, dan keunikan anak.