Menjaga keamanan si Kecil selama bermain yang melibatkan fisik, menjadi perhatian orangtua, termasuk Moms. Anak-anak, terutama yang belum sekolah atau balita, biasanya belum bisa memerhatikan lingkungannya saat bermain, sehingga berisiko luka dan cidera. 

Bermain adalah cara anak untuk mengeksplor dunia di sekitarnya. Hal ini penting dilakukan untuk mengoptimalkan pertumbuhan si Kecil. Namun Moms juga perlu memastikan bahwa lingkungan bermainnya aman dan ada yang mengawasinya. 

Usia prasekolah adalah periode perkembangan yang pesat. Anak-anak usia ini berisiko jatuh saat mereka belajar memanjat, berlari, dan bermain, baik itu bermain di luar ruangan maupun di dalam rumah. 

Baca Juga: Optimalkan Keterampilan Lokomotor Anak

Untuk mencegah risiko anak cidera saat bermain, ikuti tip berikut ini ya Moms: 

Menggunakan alat pelindung 

Biarkan si Kecil melakukan aktivitas yang sesuai dengan kekuatan fisiknya. Misalnya beberapa anak mahir bermain gelantungan, sementara yang lain senang berguling-guling di lantai. Pahami pula kemampuan anak saat ia melakukan aktivitas fisik.

Sebisa mungkin gunakan perlengkapan keselamatan, misalnya helm saat si Kecil bersepeda. Selain itu, pastikan si Kecil tetap terhidrasi dengan menyediakan air putih. Jika si Kecil bermain di luar saat cuaca cerah, pakaian topi dan tabir surya untuk melindunginya dari sinar matahari berlebih.

Baca Juga: Intip Latihan Fisik Bareng Anak di Rumah

Tak lupa berikan si Kecil pengertian tentang keamanan dan keselamatan diri agar dalam dirinya tertanam rasa untuk melindungi diri, tanpa membatasi aktivitasnya. 

Menjaga lingkungan aman

Pastikan si Kecil bermain di lingkungan yang aman dan jauh dari sungai, tanah yang tidak rata, juga tempat sampah. Awasi juga saat ia bermain, misalnya melakukan permainan yang kompetitif bersama anak lain. Di rumah, jauhkan benda tajam, berbahaya, dan peralatan listrik dari jangkauan si Kecil, amankan jendela, terutama di lantai atas. Awasi pula si Kecil saat ia naik-turun tangga.

Mengajarkan kemampuan fisik dengan aman 

Sambil menjaga dan mengawasi, ajari pula si Kecil kemampuan seperti memanjat, menangkap, dan menjaga keseimbangan. Sebelum bermain, pastikan pula anak memahami aturan permainan. 

Baca Juga: 4 Aktivitas Maksimalkan Kemampuan Motorik Anak

Namun tetap sesuaikan dengan usia, kesehatan fisik dan stamina, keterampilan sosial, dan temperamen si Kecil, Moms. Bermain bersama anak secara aktif dapat mengajarkan anak cara bermain dengan aman. 

Pengawasan memang diperlukan untuk mencegah terjadi sesuatu pada si Kecil, tetapi lakukan tanpa membatasi anak bermain ya, Moms.