Mangga merupakan salah satu buah yang sangat akrab dengan Moms hamil. Saat ngidam dan mual, misalnya, yang dicari adalah mangga. Buah yang kaya akan Vitamin A, B6, dan C, serta asam folat, kalium, dan zat besi ini,  memang merupakan salah satu sumber nutrisi penting yang Moms butuhkan selama hamil.

Namun, beberapa hal perlu diperhatikan saat mengonsumsi mangga. Pastikan Moms tidak memilih mangga yang dimatangkan secara kimiawi, tetapi yang matang secara alami. Sebab mangga yang dimatangkan berpotensi menimbulkan efek samping pada Moms.

Baca Juga: Hindari Makanan Mentah Saat Hamill, Ini Bahayanya

Rasa asam dan manis mangga menjadi favorit bagi sebagian Moms hamil karena makan mangga dapat membantu mengurangi rasa mual. Selain itu, mangga memiliki manfaat bagi kesehatan selama kehamilan.

Mencegah anemia saat hamil

Saat hamil, Moms membutuhkan zat besi untuk mencegah anemia, yang merupakan kondisi yang umum terjadi selama kehamilan. Mengonsumsi mangga dapat memenuhi kebutuhan zat besi harian. 1 buah mangga setiap hari dapat meningkatkan jumlah sel darah merah yang membantu melawan anemia.

Membantu pertumbuhan sistem saraf janin

Mangga kaya akan asam folat yang membantu perkembangan janin selama kehamilan. Mengonsumsi mangga dengan jumlah yang tepat pada trimester pertama dapat membantu pertumbuhan sistem saraf janin, serta mencegah cacat tabung saraf yang terjadi pada awal kehamilan.

Baca Juga: Hamil 1 Bulan, Ini Makanan yang Dianjurkan dan Dihindari

Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Mangga adalah sumber serat yang bagus dan diperlukan untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, seperti sembelit saat hamil. Namun tetap perhatikan porsinya karena mengonsumsi mangga berlebihan dapat menimbulkan gas di perut yang membuat tidak nyaman.

Sumber antioksidan

Kandungan vitamin C dalam mangga bertindak sebagai antioksidan yang mencegah radikal bebas dalam tubuh. Vitamin C juga bisa menurunkan risiko persalinan prematur.

Mengoptimalkan perkembangan tulang dan gigi bayi

Mangga mengandung Vitamin A yang berguna untuk perkembangan tulang dan gigi bayi, serta kesehatan mata dan perkembangan sistem kekebalan.

Membantu mencegah preeklamsia

Kandungan magnesium dalam mangga merupakan obat alami untuk tekanan darah tinggi yang dapat mencegah preeklamsia. 

Baca Juga: Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil, Bisa Cegah Preeklamsia

Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh

Kalium dalam mangga membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh yang sangat penting selama kehamilan. Penumpukan cairan di tungkai bawah dapat menghambat gerakan dan berbahaya bagi Moms.

Selama mangga dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, manfaatnya akan Moms rasakan. Setidaknya 1 buah mangga per harinya sudah mencukupi kebutuhan nutrisi Moms saat hamil. 

Di sisi lain, mangga yang dimatangkan secara kimiawi memiliki efek samping karena kemungkinan mengandung kalsium karbida, yaitu zat pematangan, yang dapat membuat Moms dan bayi terkena efek negatif arsenik dan fosfor. 

Efek samping mengonsumsi mangga yang dimatangkan secara kimiawi, misalnya diare, moody, pusing, sakit kepala, kejang, kantuk, serta sensasi kesemutan di tangan dan kaki.

Cegah risiko tersebut dengan selalu mencuci mangga dengan benar, membersihkan pisau, talenan, dan mencuci tangan dengan bersih setelah mengupas dan memotong mangga, serta yang paling penting adalah membeli mangga yang belum terlalu matang kemudian mematangkannya secara alami di rumah.