Moms sudah hebat dapat melindungi diri dari paparan virus COVID-19. Nah, bagaimana dengan si Kecil yang baru lahir? Tenang, Moms  bisa melindungi si Kecil, termasuk untuk menyusuinya, bahkan jika Moms sendiri terinfeksi COVID-19  sekalipun.

Penelitian di China melaporkan virus COVID-19 tidak diitemukan dalam ASI dari dua ibu yang terpapar virus tersebut di akhir tri semester kehamilannya.  Penelitiannya memang masih terbatas. Tapi ini berita yang menggembirakan ya, Moms. 

Virus COVID-19 menyebar dari tetesen kecil atau droplet di udara ketika orang yang membawa virus itu bersin, batuk, atau berbicara. Faktanya, virus ini suka berpindah ke hidung bahkan sebelum menimbulkan gejala pada beberapa orang.

Berita buruknya, Moms dapat menularkan virus sebelum Moms mendapatkan gejala, dan bahkan jika tidak pernah memiliki gejala, tetapi Moms membawanya.

Baca juga: Happy Hypoxia, Covid-19 Tanpa Gejala

Intinya, walaupun virus COVID-19 tidak ditularkan melalui ASI, tapi Moms berpotensi menularkan melalui tetesan atau droplet dari mulut dan hidung, atau dengan menyentuh si Kecil setelah bersentuhan dengan wajah Moms atau tetesan ini. 

Jadi di era pandemi ini penting bagi Moms untuk mengikuti pedoman menyusui agar si Kecil terhindar dari bahaya Covid-19. 

Baca juga: Cegah Klaster Keluarga Covid-19, Ini Caranya

Berikut ini cara menyusui si Kecil selama pandemic COVID-19: 

Cuci tangan

Moms harus mencuci tangan dengan benar sebelum menyentuh si Kecil. Sangat penting untuk sering-sering mencuci tangan, terutama sebelum dan sesudah Moms  menggendong si Kecil atau memegang botol bayi dan barang-barang si Kecil lainnya.

Kenakan Masker

Selama pandemi Moms sudah terbiasa mengenakan masker saat ke luar rumah. Tapi bagaimana jika berada di rumah? Sewaktu menyusui sebaiknya Moms memakai masker. Kenakan masker meskipun Anda tidak memiliki gejala.

Kenakan masker juga saat Moms  menggendong, mengganti pakaian, atau berbicara dengan si Kecil. Ini mungkin tidak nyaman ya Moms, dan bisa saja mengejutkan si Kecil, pada awalnya,  tetapi cara ini dianggap efektif untuk mencegah infeksi virus corona.

Baca juga: Masker Scuba dan Buff Tidak Efektif Tangkal Virus Covid-19

Disinfeksi permukaan

Bersihkan dan disinfeksi apa pun yang Moms sentuh dengan cairan desinfektan, termasuk meja, meja ganti, botol, dan pakaian. Selain itu, bersihkan permukaan yang belum Moms sentuh, yang mungkin saja terkena tetesan udara.

Bersihkan dengan hati-hati dan desinfektan semua yang mungkin menyentuh bayi Moms. Ini penting ya Moms, karena virus ini dapat bertahan di beberapa layanan  hingga 72 jam!

Pompa ASI

Jika Moms bergejala COVID-19 atau khawatir si Kecil terinfeksi, maka pompa ASI Anda. Minta pasangan atau anggota keluarga memberi makan si Kecil. Jangan khawatir Moms, ini hanya sementara, kok. Cuci tangan Moms dan bersihkan area kulit yang akan disentuh pompa payudara.

Pastikan botol benar-benar steril dengan memasukkannya ke dalam air mendidih di antara waktu makan. Desinfeksi bagian ASI dengan hati-hati dengan air matang atau sabun dan air.

Siapkan susu formula bayi

Moms tidak perlu menyusui jika merasa sakit atau memiliki gejala COVID-19. Siapkan saja susu formula bayi dan botol bayi steril untuk dibawa, untuk berjaga-jaga.