Saat liburan, memiliki bayi 6 bulan pasti yang paling dipikirkan adalah MPASI-nya. Enggak usah bingung dan khawatir Moms, untuk MPASI Moms bisa memilih MPASI fortifikasi. Ya meski liburan atau sekadar jalan jalan dalam kota, Moms bisa membawa bubur fortifikasi untuk MPASI.

Moms pasti sering mendengar merk bubur bayi instan dengan berbagai varian harga. Jangan takut untuk memberikan bayi makanan instan atau makanan terfortifikasi ya Moms. Jika moms saat berlibur tidak sempat untuk membuat makanan rumahan /olahan sendiri, Moms bisa menggunakan bubur bayi instan atau terfortifikasi sesekali sebagai pilihan yang tepat. 

Baca Juga : Jenis Ikan untuk MPASI

Perlu diperhatikan bahwa bubur instan untuk bayi tidak mengandung pengawet ya Moms. Bubur instan bisa tahan lama karena pengemasannya. Jika berbentuk pure, biasanya hanya dapat dikonsumsi dalam waktu kurang dari 48 jam karena pada saat pengemasannya mereka melakukan sterilisasi sehingga bisa bertahan sedikit lebih lama. 

Mom juga jangan takut jika membeli makanan instan unuk bayi berbentuk bubuk. Karena mereka menghilangkan unsur air sehingga bubur bisa bertahan lama. Bubur instan ini juga sangat bagus untuk bayi. Karena memiliki kandungan yang lengkap,  mulai dari nutrisi makro maupun mikro, dan biasanya dilengkapi pula dengan AA dan DHA untuk perkembangan otak bayi. 

Kalau  untuk snack atau makanan selingannya, Moms  bisa membeli atau pesan pure buah di restoran dengan syarat tanpa gula, tanpa kental manis/UHT, tanpa madu, tanpa air dan tanpa es. Saat memesan, Moms bisa tegaskan juga atau mengulang-ulang kata-kata tersebut agar dicatat dengan baik oleh pelayan restoran, dan akhiri dengan kalimat "Soalnya ini buat bayi ya mas / mba ". 

Baca Juga : Takaran Garam untuk MPASI

Selain itu, jika Moms hanya bepergian di dalam kota,  bisa juga membawa makanan rebusan seperti brokoli rebus , kentang rebus , telor rebus serta buah-buahan potong untuk menemani perjalanan. Jangan lupa juga untuk membawa alat makan si Kecil seperti gelas , sendok, mangkuk serta celemek agar tidak repot mencari barang-barang tersebut di lokasi wisata. Biasanya sih di tempat makan, selalu  ada sendok kecil atau sendok teh,  tapi sebaiknya Moms membawa sendiri dari rumah. 

Jika mengolah bubur agak lama, Moms bisa membawa alat penghancur makanan manual atau hand blender untuk membuat makanan si Kecil. Jadi praktisnya,  Moms bisa pesan bubur di restoran beserta sop daging tanpa msg / mecin / kaldu instan. Jadi saat mau  makan, Moms  hanya perlu mengatur kehalusan tekstur dengan alat penghancur makanan atau hand blender. 

Inti dari bahasan kita kali ini,  MPASI jangan dibuat pusing dan ribet ya Moms,  karena tujuan utama kita pergi berlibur adalah menikmati momen liburan bersama keluarga. Jangan jadikan MPASI  sebagai alasan untuk menunda berlibur atau penghalang. Karena yang terpenting dalam MPASI itu memenuhi nutrisi si Kecil. Semoga informasi ini bisa menjadi pencerahan. Selamat berlibur.

Baca Juga : Melatih Bayi Minum dari Gelas