Tidur sangat penting untuk pertumbuhan bayi. Itu sebabnya, bayi menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur. Pola tidurnya pun berubah seiring pertumbuhannya, termasuk saat ia menginjak usia 4 hingga 6 bulan.

Baca Juga: Pentingnya Tidur untuk Membantu Pertumbuhan Bayi

Berdasarkan penelitian “Infant Sleep” oleh University of Rochester Medical Center, pola dan jadwal tidur bayi usia 4 hingga 6 bulan adalah rata-rata waktu tidur 14 jam (rata-rata tidur malam 10 jam, rata-rata tidur siang 4 jam).

Pada rentang usia ini, jam tidur siang bayi bisa bertambah atau berkurang satu jam. Misalnya saat bayi berusia 4 bulan, ia bisa tidur selama 10 jam di malam hari, sementara saat usianya 6 bulan bisa meningkat menjadi 11 jam.

Baca Juga: Sleep Training Bayi Agar Tidur Teratur

Berikut ciri menarik dari kebiasaan tidur si Kecil saat berusia 4 hingga 6 bulan:

Durasi tidur malam bertambah 

Bayi akan mengembangkan preferensi untuk tidur malam pada usia empat bulan.

Tidur siang 

Jam tidur siang dibagi-bagi sepanjang hari, menjadi dua atau lebih sesi tidur siang.

Tidur sepanjang malam 

Pada saat bayi berusia enam bulan, ia bisa bertahan sekitar 5 - 6 jam tanpa menyusu di malam hari.

Bangun lebih awal

Bayi dalam kelompok usia ini mungkin bangun lebih awal di pagi hari dan akan mendekut (cooing), atau menangis minta makan.

Beberapa bayi sering terbangun malam

Beberapa bayi mungkin bangun di malam hari lebih sering sehingga Moms sulit tertidur nyenyak. 

Bayi terbangun di tengah malam atau saat tidur siang biasanya saat ia sedang tumbuh gigi (teething), popok kotor, atau merasa lapar. Namun jika si Kecil terbangun di malam hari tanpa alasan tersebut, Moms bisa melakukan beberapa hal, misalnya membiarkannya rewel selama beberapa saat. Lakukan ini untuk memberi kesempatan si Kecil menenangkan dirinya sendiri (self-pasification), yang merupakan keterampilan penting yang harus dipelajari bayi.

Cara kedua adalah memeriksa gangguan yang menyebabkan bayi tidak nyaman, misalnya suhu kamar yang dingin, terlalu gelap, atau terlalu terang. Ketiga adalah menenangkan bayi dengan kata-kata dan menyentuhnya untuk membantunya tidur.

Pakar pediatri mengatakan bahwa bangun pada malam hari adalah hal yang biasa terjadi pada bayi usia 6 bulan, Moms. Hal ini disebabkan oleh separation anxiety atau kecemasan akan berpisah dengan Moms, yang umum terjadi di usia ini. Bayi juga mengalami percepatan pertumbuhan (growth spurt) pada usia 6 bulan yang dapat menyebabkan kurangnya waktu tidur dan terbangun karena sering menyusu di malam hari. 

Baca Juga: Bayi Susah Tidur di Malam Hari? Coba Cara Ini

Namun jika muncul masalah-masalah yang menunjukkan bahwa bayi mengalami kesulitan tidur yang serius, seperti kurangnya waktu tidur secara ekstrem, tidak tidur jika Moms tidak berada di dekatnya, menangis saat Moms meninggalkan ruangan tidurnya, atau hanya bisa tertidur jika Moms menggendongnya, sebaiknya konsultasikan pada dokter untuk mendeteksi penyebabnya dan mengatasinya.