Penelitian membuktikan bahwa camilan yang tepat dapat membantu program penurunan berat badan dengan cara memberikan rasa kenyang lebih lama dan akhirnya mengurangi total kalori harian yang dikonsumsi. Camilan seperti apakah itu? Camilan rendah kalori yang bernutrisi dan kaya protein juga serat. Nah, jangan bingung dulu Moms. Ada banyak kok pilihan camilan bergizi namun rendah kalori yang mudah Moms dapatkan. Berikut ini beberapa contohnya yang bisa Moms coba. 

Sayur dan hummus 

Hummus adalah saus krim yang biasanya dibuat dari tahini (kacang wijen giling) atau kacang arab, minyak zaitun, garam, bawang putih, dan jus lemon yang dihaluskan bersama. Potongan sayur yang kaya serat seperti wortel, timun, paprika, atau lobak yang dimakan bersama hummus akan memberikan Moms asupan serat dan protein yang rendah kalori tapi memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

Baca Juga: Diet Tanpa Lapar, Konsumsi Makan Berikut

Apel dan selai kacang 

Nah, alih-alih mengoleskan selai kacang ke atas roti, Moms bisa mengonsumsinya bersama potongan apel yang akan menjadi camilan rendah kalori tetapi padat nutrisi. Pastikan pilih selai kacang yang berasal dari 100% kacang tanah murni ya, Moms, tanpa tambahan minyak ataupun gula. Satu apel kecil dan 2 sendok makan selai kacang akan memberikan Moms asupan sekitar 267 kalori. 

Keripik kelapa 

Berasal dari irisan daging kelapa yang dikeringkan, keripik kelapa tidak hanya lezat tapi juga merupakan camilan rendah kalori yang kaya serat. Setengah cangkir keripik kelapa memiliki sekitar 315 kalori.

Baca Juga: DASH Diet, Solusi Turunkan Tekanan Darah

Telur rebus 

Telur mengandung banyak sekali asupan zat gizi, mulai dari protein, vitamin B12, selenium, zinc, fosfor, juga lemak sehat, dan kalorinya hanya 78. Jangan khawatir soal kolesterol Moms, dikutip dari laman Healthline, penelitian telah membuktikan, orang sehat bisa makan 3 telur sehari dan baik-baik saja.

Greek yogurt dan buah 

Ini adalah salah satu camilan yang bisa Moms nikmati berdua si Kecil. Tekstur krim greek yogurt dan topping buah rasanya sangat segar dan menawarkan nutrisi sekaligus asupan bakteri baik untuk pencernaan. Nah, adakah camilan rendah kalori di atas yang menjadi favorit Moms?

Baca Juga: Mudah Diet Defisit Kalori