Diet identik dengan mengurangi makan dan merasa tersiksa karena lapar. Namun, dengan mengonsumsi makanan yang bikin kenyang lebih lama, Moms bisa mengurangi kalori tanpa merasa lapar. 

Menurut ahli, makanan-makanan tertentu dapat membantu mengurangi rasa lapar. Selain itu, menerapkan mindful eating atau makan dengan penuh kesadaran juga bisa membantu Moms untuk tetap makan sembari menurunkan berat badan.

Baca Juga: Nafsu Makan Balita Menurun? Atasi Dengan Cara Ini

Berikut adalah makanan yang mengenyangkan namun tidak menggagalkan diet: 

Makanan tinggi air dan serat

Makanan tinggi air dan serat, seperti buah-buahan dan sayuran, disebut juga makanan bervolume tinggi karena membantu mengenyangkan perut. Peneliti dari Pennsylvania State University menemukan bahwa mengonsumsi makanan bervolume tinggi dan rendah kalori membuat Moms makan lebih sedikit saat makan berat berikutnya. Makanan yang mengandung air, udara, atau serat dapat membuat perut meregang dan kosong secara perlahan, sehingga membuat Moms kenyang lebih lama. Mengonsumsi makanan tinggi serat dan air membantu Moms menurunkan berat badan tanpa merasa menjalani diet ketat.

Makanan berprotein tanpa lemak

Menurut Wayne Campbell, PhD, profesor nutrisi di Purdue University, Moms akan merasa lebih kenyang setelah mengonsumsi makanan berprotein, seperti telur, ikan, unggas, kedelai, dan daging tanpa lemak, dibanding jenis nutrisi lain, termasuk serat. Inilah teori di balik diet tinggi protein.

Makanan padat

Kalori padat dan kalori cair dapat memengaruhi nafsu makan secara berbeda. Menurut ahli, makanan padat juga lebih mengenyangkan dibandingkan minuman karena minuman tidak bertahan lama di dalam perut.

Baca Juga: Bahaya Soda Bagi Ibu Hamil

Minum air putih

Minum air putih segelas sebelum makan juga merupakan kebiasaan baik karena dapat menurunkan rasa lapar, Moms. Peneliti percaya bahwa 500 ml air cukup untuk meregangkan perut dan mengirim sinyal kenyang ke otak. 

Jahe 

Jahe memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, termasuk mengurangi mual, nyeri otot, peradangan, serta kadar gula darah. Salah satu penelitian menemukan bahwa mengonsumsi larutan 2 gram bubuk jahe dan air panas saat sarapan dapat mengurangi rasa lapar.

Baca Juga: 3 Resep Minuman Sehat dan Manfaatnya

Dark chocolate

Pahitnya dark chocolate dianggap mampu menurunkan nafsu makan dan ngidam makanan manis. Peneliti juga percaya bahwa asam stearat dalam dark chocolate membantu memperlambat pencernaan, sehingga Moms merasa kenyang lebih lama.

Cabai

Tak hanya jahe, capsaicin yang terkandung dalam cabai juga dapat mengurangi rasa lapar dan membuat Moms kenyang lebih lama. Terlebih lagi, kemampuan senyawa ini untuk menghasilkan panas juga meningkatkan jumlah kalori yang dibakar setelah makan. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.