Satu atau beberapa semut di rumah mungkin memang tidak mengganggu, namun jumlah ini bisa membawa “rombongan” semut lainnya dan membuat sarang di sudut-sudut rumah Moms. 

Semut adalah salah satu hewan paling familiar, karena terdapat lebih dari 13.000 spesies di bumi. Mereka bisa hidup hampir di semua belahan dunia, kecuali Antartika dan Arktik yang dingin, serta sedikit pulau.

Hewan yang terkenal dengan gotong-royongnya ini, biasanya datang ke dalam rumah untuk mencari makanan atau habitat bersarang. Bahkan makanan dalam jumlah kecil, seperti remahan biskuit, dapat menarik perhatian sekumpulan semut yang rajin.

Baca Juga : Garam, si Serbaguna untuk Bersihkan Rumah

Jika biasanya Moms membasmi semut yang mengganggu di rumah dengan penyemprot semut berbahan kimia, ada solusi aman untuk mengusir semut dari rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah.

Pembersih kaca dan deterjen cair

Mencampurkan cairan pembersih kaca semprot dengan deterjen cair atau sabun cuci piring dapat membantu mencegah semut bersarang di rumah karena larutan ini menghilangkan jejak feromon yang ditinggalkan semuat saat berjalan. Campur dan semprotkan di tempat semut berkumpul atau berasal, kemudian seka area yang telah disemprot untuk meninggalkan sedikit residu. Cara ini terbukti cukup ampuh untuk mengusir semut di rumah, Moms.

Sabun cuci tangan

Jika Moms tidak menyukai bau cairan pembersih kaca, dapat menggunakan sabun cuci tangan. Air bersabun jenis apa pun mampu menghilangkan feromon semut. Semprotkan juga pada jalur lalu-lalang semut mulai dari masuk rumah hingga ke titik di rumah. Tanpa jalur feromon yang bisa diikuti, semut-semut lainnya tidak bisa berkomunikasi dengan kawanannya.

Baca Juga : Manfaat Baking Soda untuk Rumah Tangga

Lada 

Semut tidak menyukai bau lada. Maka, Moms dapat menaburkan lada di sekitar area rumah yang rentan dikerubungi semut. Biasanya, lada yang digunakan adalah lada hitam atau bubuk cabai cayenne, jika ada di rumah.

Peppermint

Peppermint adalah pengusir serangga alami yang efektif juga untuk mengusir semut dan serangga lain, termasuk nyamuk. Caranya, campurkan 10 hingga 20 tetes minyak esensial peppermint dengan 2 cangkir air. Lalu semprotkan di daun jendela dan pintu rumah, yang biasanya menjadi tempat masuk semut. Kemudian biarkan kering. 

Baca Juga : Tips Jitu Rumah Bebas Nyamuk

Tea tree oil

Jika Moms memiliki tea tree oil di rumah, bisa digunakan beberapa tetes untuk mengusir semut di rumah. Campurkan 5 hingga 10 tetes dengan 2 cangkir air, lalu semprotkan di area semut bersarang. Bisa juga dengan mencelupkan bola kapas dan meletakkannya di sekitar rumah tempat Moms melihat semut.

Lemon eucalyptus oil

Minyak ini juga termasuk pengusir serangga alami karena mengandung serai, yang digunakan dalam lilin untuk mengusir serangga terbang, seperti nyamuk. Untuk menggunakannya, rendam bola kapas dengan minyak lemon eucalyptus murni, lalu tempatkan di area semut terlihat.

Cuka putih

Cuka putih dapat Moms gunakan untuk membersihkan permukaan yang keras, seperti lantai dan meja dapur, secara rutin untuk menghindari semut berdatangan. Moms bisa gunakan larutan cuka dan air 50:50 atau bisa juga menggunakan cuka murni. Semut dapat mencium bau cuka walau permukaan sudah mengering.

Air mendidih

Jika Moms melihat lubang tempat semut bersarang, tuangkan air mendidih ke dalamnya. Ini dapat dilakukan jika sarang semut tak terkendali.

Menjaga rumah tetap bersih dari remahan makanan

Dari semua cara di atas, yang terpenting adalah mencegahnya sebelum semut-semut membuat sarang di rumah Moms. Semut tertarik pada makanan manis dan bertepung, seperti gula, madu, dan roti. Pastikan tidak ada sisa makanan tersebut dan remahnya yang berserakan di rumah. Bersihkan sofa, tempat sampah, ruang makan, dapur, dan ruang lain secara rutin. Selain itu, simpan makanan di meja atau lemari menggunakan wadah bertutup rapat.