Masker merupakan atribut wajib saat pandemi untuk meminimalisasi penularan sekaligus melindungi diri dari penyebaran virus. 

Memakai masker yang efektif tidak sekadar menutup hidung dan mulut, namun juga bergantung pada pemilihan bahan dan cara penggunaan yang tepat, misalnya dengan tidak menurunkan masker ke dagu.

Menggunakan masker berbahan scuba dan buff tidak dianjurkan, sebab kedua bahan tersebut terlalu tipis dan kurang efektif menjaga diri dari penularan. Moms dapat menggunakan masker berbahan kain yang memiliki tiga lapisan atau masker bedah disposable. 

Baca Juga : Masker Scuba dan Buff Tidak Efektif Tangkal Virus Covid-19

Menurut Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, menggunakan masker dengan benar dapat mengurangi risiko terinfeksi virus hingga 50 persen, bahkan lebih.

Maka, berikut adalah hal-hal yang dapat Moms perhatikan agar penggunaan masker efektif melindungi Moms dan keluarga:

  1. Pastikan masker bersih, kering, dan tidak rusak.
  2. Sebelum memakai masker, bersihkan tangan dengan sabun dan air atau gunakan hand sanitizer yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol. Setelah itu, pastikan tangan Moms dalam keadaan kering.
  3. Tempatkan masker wajah menutupi hidung dan mulut, kencangkan dengan ikatan atau simpul. Pastikan pula ukuran masker pas, membentuk pada wajah dan di sekitar hidung, dan cukup untuk menutupi hidung, mulut, dan dagu secara sempurna. Masker juga harus nyaman, tidak ada celah di antara masker dan wajah, dan memungkinkan Moms untuk bernapas dengan mudah.
  4. Setelah terpasang, bersihkan kembali tangan Moms seperti di poin dua.
  5. Ketika menggunakan masker, jangan sentuh bagian depan maskernya. Jika telanjur, Moms dapat membersihkan tangan dan mengeringkannya kembali.
  6. Hindari pula menyentuh wajah, karena infeksi masih bisa ditimbulkan dengan menyentuh mata walau hidung dan mulut tertutup.
  7. Masker tidak boleh dipindahkan saat digunakan. Hal ini cukup sering dilakukan orang, misalnya menarik masker ke bawah dagu. Menurut Dr. Eng Muhamad Nasir dari Lembaga Ilmu Pengetahuan (LIPI), masker yang diturunkan ke dagu dapat memudahkan virus masuk melalui hidung atau mulut. Jika Moms perlu melepas masker, lepaskan dengan aman, buang dengan benar (atau cuci jika menggunakan masker kain), lalu bersihkan tangan.
  8. Ganti masker jika lembap, rusak, atau kotor.
  9. Ketika sampai di rumah dan melepas masker, bersihkan dahulu tangan dengan sabun dan air, atau hand sanitizer, lalu keringkan.
  10. Lepaskan masker dari karet belakang dan tidak menyentuh bagian depan, tarik jauh dari wajah. Berhati-hati untuk tidak menyentuh mata, hidung, atau mulut saat melepas masker
  11. Buang masker sekali pakai, atau bersihkan masker kain dengan benar.
  12. Bersihkan lagi tangan dengan benar.

Baca Juga : Mask Anxiety, Cemas Saat Memakai Masker

Perlu diperhatikan pula bahwa masker sekali pakai tidak dapat didisinfeksi dan digunakan kembali. Cara membuang masker sekali pakai adalah dengan mengguntingnya di bagian tengah dan tali pengait telinga, sebab masker bekas merupakan limbah berbahaya. Lalu, membuangnya di tempat sampah tertutup. Setelah itu, bersihkan dan keringkan tangan dengan benar

Sementara jika Moms menggunakan masker kain, cucilah masker tersebut dengan deterjen dan air hangat bersuhu 60 derajat Celsius. Bilas dan keringkan dengan sempurna, hindari penggunaan masker yang lembap. Setelah itu, bersihkan kembali tangan dengan benar.

Baca Juga : Cara Mencuci Masker Kain