Hampir semua orang tahu makanan satu ini. Ya, tahu! Produk fermentasi kedelai ini bisa ditemukan di pasaran. Teksturnya yang lembut, rasa yang cocok di lidah, harga terjangkau, nutrisinya yang lengkap, serta bisa diolah menjadi berbagai hidangan membuat tahu menjadi salah satu favorit berbagai kalangan, Moms. 

Tahu memiliki tingkat kelembutan yang berbeda-beda. Moms mungkin mengenal beberapa teksturnya seperti sutra, lembut, keras, dan ekstra keras. Moms bisa menyiapkan beberapa resep tahu manis atau gurih untuk si Kecil, sebagai penambah tekstur, rasa, dan nutrisi pada menu hariannya.

Baca Juga: Anak Suka Camilan Nori? Ini Manfaat Rumput Laut untuk Anak

Mengonsumsi tahu secara teratur dalam jumlah sedang sebagai bagian dari pola makan seimbang bisa mendukung tumbuh-kembang anak. Tahu menawarkan manfaat bagi kesehatan anak karena kandungan nutrisinya. Simak kandungan tahu berikut.

Protein sangat penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Para ahli bahkan menganggap tahu merupakan alternatif daging merah sebagai sumber protein. 

Tahu mengandung vitamin B1, zat besi, kalsium, mangan, selenium, fosfor, magnesium, tembaga, seng, dan zat besi. Nutrisi ini mendukung beberapa fungsi fisiologis yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

Tahu mengandung asam lemak omega-3, seperti asam lemak alpha-linoleic (AL) dan alpha-linolenic (ALA). Kandungan ini penting untuk menjaga kesehatan otak, mata, dan jantung. Anak-anak berusia antara 1 dan 18 tahun membutuhkan 0,7 hingga 1,6 gram asam lemak omega-3 per hari.

Baca Juga: Sumber Omega 3 Alami

Antioksidan seperti fenolat, flavonoid, dan tiol, yang menjaga tubuh dari kerusakan radikal bebas, serta mengurangi peradangan. Kandungan ini penting untuk meningkatkan fungsi sistem kekebalan.

Tahu mengandung senyawa bioaktif, seperti isoflavon yang berfungsi menyehatkan tulang, jantung, dan meningkatkan metabolisme. Beberapa dari senyawa ini juga meningkatkan kekebalan dan mikrobiota usus.

Setelah mengetahui kandungan dan manfaat tahu bagi kesehatan si Kecil, berikut resep tahu yang bisa Moms coba agar si Kecil tidak bosan. 

Baca Juga: Tim Sayur Cumi Cincang, Menu MPASI Usia 1 Tahun

Sandwich Tahu Panggang

Bahan:

2 potong roti multigrain

1 potong tahu keras

2 lembar daun selada segar

1 bawang bombay (diiris)

1 tomat (iris)

3 sdm mayones

1 sdt oregano kering

1 sdm minyak zaitun

Cara membuat:

  1. Panaskan minyak zaitun dalam wajan dengan api kecil. Letakkan irisan tahu di atas wajan dan panggang setiap sisinya hingga berwarna cokelat keemasan. Setelah selesai, matikan apinya dan sisihkan
  2. Letakkan satu irisan roti di atas piring dan oleskan mayones secukupnya
  3. Letakkan satu daun selada di atasnya, diikuti dengan irisan tomat, irisan bawang bombay, dan irisan tahu
  4. Taruh daun selada lagi di atas irisan tahu, taburi oregano kering, dan tutupi dengan potongan roti lagi untuk membuat sandwich
  5. Panggang kedua sisi sandwich di wajan kurang lebih selama 5 menit
  6. Angkat lalu sajikan kepada si Kecil
  7. Moms bisa menyiapkan saus tambahan sesuai selera, misalnya saus bawang atau saus keju.