Belajar sering kali dipersepsikan sebagai kegiatan yang membosankan hingga menakutkan bagi anak. Bila sebelum pandemi, kegiatan belajar dilakukan di sekolah bersama teman-temannya, kini kegiatan belajar dilakukan di rumah, yang tentunya bisa menimbulkan rasa bosan. Orang tua yang harus berperan lebih besar sebagai pendamping saat belajar online pun pasti pernah merasakan lelah hingga hilang kesabaran. 

Di masa pandemi ini orang tua dituntut untuk inovatif dan kreatif untuk membuat anak betah belajar di rumah.  Ciptakan suasana menyenangkan di rumah,  tidak terkecuali pada waktu anak belajar. Beberapa anak mungkin memiliki ketakutan hingga trauma ketika mendengar kata belajar, karena mungkin sebelumnya mereka punya pengalaman pernah dipaksa untuk belajar. Tetapi melatih anak mulai menyukai proses belajar tidak terlalu sulit dilakukan asal dilakukan dengan senang serta santai. Berikut adalah beberapa tip untuk orang tua agar anak senang belajar : 

Ajak anak senang membaca 

Hal yang pertama Moms lakukan sebelum tergesa-gesa menyuruh anak belajar adalah mengajak anak untuk senang membaca. Hal ini bisa dilatih dari usia dini, Moms bisa membacakan cerita yang ringan dan mudah dipahami anak. Membaca merupakan sumber kesuksesan. Membaca memiliki banyak sekali manfaat selain manfaat secara keilmuan juga memiliki manfaat untuk membantu anak  mengembangkan kosa kata hingga membantu anak untuk belajar berkomunikasi dengan baik.

Baca Juga :  Mengenal "Read Aloud" dan Manfaatnya

Ciptakan suasana terbuka 

Selain anak yang harus mendengarkan nasehat orang tua maka orang tua juga harus mendengarkan pendapat anak. Dorong anak untuk memberikan pendapat secara terbuka mengenai proses belajarnya. Biarkan anak bercerita tentang apa yang menjadi kesulitan, kesukaan hingga kekhawatirannya saat belajar. Pastikan orang tua terlihat setuju dan mencoba memberikan jalan keluar yang baik untuk anak. Hindari memberikan nasihat yang menyudutkan anak. 

Buat permainan 

Mengajak anak bermain sambil belajar mungkin bukan ide yang buruk. Anak-anak usia pra-sekolah mungkin akan lebih tertarik mempelajari sesuatu lewat lagu atau permainan. Ciptakan suasana yang menyenangkan untuk anak ketika akan belajar. Selain membuat anak belajar dengan bahagia, cara ini juga bisa membuat anak lebih tertarik lagi dalam belajar hal yang lainnya.

Baca Juga : Belajar Jarak Jauh, Ini Screen-time yang Disarankan Dokter

Membantu anak tetap terorganisir 

Bantulah anak menyiapkan buku sekolah atau sekedar membantu untuk mengingatkan pekerjaan sekolah yang belum anak kerjakan. Membantu anak untuk merapikan buku hingga tugas juga merupakan hal yang perlu orang tua lakukan. Terkadang anak akan merasa kewalahan jika diharuskan memiliki banyak tugas untuk dikerjakan. Dengan bantuan orang tua, anak akan merasa lebih terkendali dan termotivasi untuk belajar. 

Berikan reward 

Memberikan reward kecil ketika anak berhasil memahami sesuatu atau ketika anak berhasil melewati ujiannya dengan baik merupakan suatu hal yang membantu anak merasa termotivasi untuk belajar. Seberapa kecil pun reward yang orang tua berikan, tetap akan berharga dan membuat anak menjadi lebih semangat.

Baca Juga : Orangtua Sebagai Pelindung atau Fasilitas Belajar Anak, Mana yang Lebih Baik?