Keguguran bisa menjadi kabar buruk baik secara emosional maupun fisik. Meskipun luka fisik bisa sembuh dengan cepat, namun pemulihan dari kesedihan emosional akibat kehilangan bisa memakan waktu lebih lama. 

Perlu Moms ingat bahwa keguguran bukanlah akhir, banyak Moms yang hamil dengan sehat setelah sebelumnya mengalami keguguran. Jika Moms sedang merencanakan kehamilan setelah keguguran, ada beberapa fakta yang sebaiknya Moms simak berikut.

Baca Juga: Rainbow Baby, Hamil Setelah Keguguran

Tidak ada waktu ideal untuk hamil setelah keguguran, sangat mungkin untuk hamil segera setelah keguguran karena rahim Moms kembali berfungsi normal. Meskipun tidak ada yang namanya waktu yang ideal, kebanyakan ahli menyarankan untuk menunggu setidaknya 6 bulan sebelum hamil lagi. Ini pun tidak dijadikan acuan, tetap bergantung pada kesiapan mental Moms. 

Baca Juga: Atasi Kesedihan Pasca Keguguran

Setelah keguguran, dokter biasanya akan memeriksa kesehatan Moms setelah Moms siap secara fisik dan mental untuk merencanakan kehamilan lagi. Ada berbagai jenis tes yang disarankan, seperti tes darah, tes kromosom, ultrasonografi, histeroskopi, histerosalpingografi, dan sonohisterogram.

Sebelum merencanakan kehamilan setelah mengalami keguguran, semakin penting untuk menjaga pola makan dan gaya hidup sehat. Hal ini juga bermanfaat jangka panjang bagi kehamilan dan kelahiran bayi yang sehat tanpa komplikasi, Moms. Memastikan asupan yang tepat dan bergizi adalah prioritas utama sebelum dan saat Moms hamil lagi.

Berikut adalah hal yang biasanya disarankan dokter saat Moms merencanakan hamil lagi setelah keguguran.

Mengonsumsi suplemen asam folat

Moms mungkin dianjurkan dokter mengonsumsi suplemen asam folat beberapa bulan sebelum konsepsi. Asam folat melindungi janin dan meningkatkan kesuburan, serta memungkinkan perkembangan sumsum tulang belakang dan sistem saraf pusat yang sehat pada bayi. Asam folat dapat mengurangi kemungkinan cacat tabung saraf pada janin selama tahap prenatal.

Baca Juga: Sumber Asam Folat Alami

Menjaga berat badan sehat

Menjaga berat badan ideal (BMI) sangat penting saat merencanakan kehamilan berikutnya. Lakukan hal ini dengan memastikan Moms mengonsumsi makanan seimbang yang kaya nutrisi. 

Kebugaran fisik

Mungkin Moms takut melakukan aktivitas fisik karena riwayat keguguran, namun penting untuk berolahraga secara teratur agar tubuh tetap bugar dan lebih siap menghadapi kehamilan berikutnya. Jika Moms tidak yakin, bisa konsultasikan dengan dokter, mana yang aman dan tidak. 

Yoga dan meditasi

Terapi alternatif seperti yoga dan meditasi dapat memperkuat pikiran dan menjaga keseimbangan tubuh. Moms bisa melakukannya mulai dari saat merencanakan kehamilan. Yoga juga membantu menyingkirkan pikiran negatif. Saat hamil, memiliki tubuh dan pikiran yang seimbang juga bermanfaat bagi bayi di dalam kandungan. 

Istirahat yang cukup

Imbangi aktivitas dan rutinitas sehari-hari dengan beristirahat sejenak di siang hari. Jika Moms bekerja, bisa mencoba untuk tidak memaksakan diri secara berlebihan di tempat kerja.

Support system

Tantangan untuk hamil setelah keguguran bukanlah perjuangan Moms sendiri. Percakapan dan diskusi dapat membuat Moms merasa lebih baik, serta meningkatkan rasa optimis untuk hamil lagi. Pastikan Moms membagikan perasaan campur aduk tersebut kepada pasangan. Jika dibutuhkan, Moms bisa berkonsultasi dengan psikolog.

Kehamilan adalah proses alami, sama seperti melahirkan. Tidak selalu berjalan sebagaimana yang Moms harapkan. Meskipun keguguran bisa menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan, berikan waktu diri Moms untuk menenangkan pikiran. Rencanakan kehamilan berikutnya hanya jika Moms merasa sudah siap.