Ada beberapa orang tua yang memimpikan memiliki anak kembar. Wajar saja, sebab memiliki anak kembar memang bisa menjadi kebahagiaan tersendiri.

Memang, kemungkinan memiliki anak kembar dipengaruhi oleh faktor gen. Artinya, Anda akan punya peluang lebih besar ketika Anda memiliki gen kembar. Tapi buat yang tidak memiliki gen kembar, punya anak kembar masih bisa menjadi harapan.

Di bawah ini adalah cara-cara alami yang bisa Anda lakukan untuk memiliki anak kembar. Ini bukan 100 persen jaminan, tapi bisa meningkatkan peluang Anda dan pasangan punya buah hati kembar.

1. Memberi jeda antara kehamilan

Anda bisa mengkonsultasikan dengan dokter terkait untuk bisa memiliki anak kembar. Biasanya Anda akan dianjurkan untuk memiliki jarak kehamilan yang tepat dengan kehamilan sebelumnya. Sebab, jika jarak itu tidak tepat, peluang Anda bisa rusak.

2. Hamil saat masih menyusui

Beberapa penelitian mendukung teori bahwa kesempatan memiliki anak kembar meningkat ketika wanita yang sedang menyusui hamil. Jadi cara ini bisa Anda terapkan.

3. Berhenti konsumsi pil KB

Saat Anda sudah tidak lagi minum pil KB, tubuh Anda akan bekerja keras mengatur kembali hormon-hormon. Bahkan, kadarnya bisa jadi lebih tinggi daripada kondisi biasanya.

4. Konsumsi Ubi-ubian

Ada riset yang mengatakan bahwa konsumsi ubi jalar, singkong, dan jenis ubi lainnya dapat meningkatkan peluang memiliki anak kembar.

5. Minum Susu

Disarankan minum susu jika Anda ingin memiliki anak kembar. Soalnya, beberapa hormon pertumbuhan ditemukan di dalam susu sapi dan produk turunannya.

6. Meningkatkan konsumsi protein

Biji-bijian utuh, tahu, kedelai isoflavon, semuanya membantu merangsang ovarium. Ini dipercaya meningkatkan peluang Anda memiliki anak kembar.

Baca Juga : Kacang Hijau untuk Program Hamil

7. Konsumsi seng

Suami Anda sebaiknya mengkonsumsi makanan mengandung seng. Sebab, makanan kaya seng akan mempercepat produksi sperma. Ini akan meningkatkan peluang Anda memiliki anak kembar ketika terjadi proses pembuahan.

8. Posisi seks

Beberapa posisi seks diyakini orang bisa meningkatkan kemungkinan hamil anak kembar. Posisi yang bisa Anda coba antara lain: side by side, misionaris, standing position, dan doggy style.

9. Konsumsi asam folat

Dianjurkan wanita memiliki suplemen untuk mencegah cacat tabung saraf. Konsumsi sam folat ini memang masih diperdebatkan, tapi cara ini dalam beberapa kesempatan menunjukkan hasil yang sesuai saat orang sedang berusaha memiliki anak kembar. 

Baca Juga : Sumber Asam Folat Alami

Selain mencoba cara-cara di atas, Anda perlu memperhatikan juga bahwa ada tiga tipe wanita yang cenderung memiliki peluang memiliki anak kembar.

Pertama, wanita yang tubuhnya tingga dan agak gemuk lebih punya peluang besar memiliki anak kembar ketimbang perempuan yang pendek dan kurus. Wanita yang melakukan diet rendah lemah juga punya peluang yang lebih kecil untuk memiliki anak kembar.

Kedua, wanita yang berusia di atas 30 tahun lebih mungkin memiliki anak kembar. Sebab, dia memiliki hormon perangsang folikel yang dapat meningkatkan kemungkinan hamil anak kembar.

Ketiga, wanita yang berasal dari Eropa dan Afrika ternyata peluang memiliki anak kembarnya lebih besar.

Demikianlah beberapa cara alami untuk memiliki anak kembar. Anda juga sudah bisa menghitung peluang Anda dengan melihat beberapa tipe wanita yang lebih mungkin memiliki anak kembar.

Yang paling penting adalah berusaha sambil berdoa. Tapi jangan kecewa juga jika keinginan Anda tidak terpenuhi. Sebab, semua anak yang diberikan kepada kita sejatinya adalah anugerah. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Baca Juga : Hindari Makanan Berikut Ketika Promil, Moms